Friday 10 November 2017

7 biodata dan pencipta lagu nasional negara asia

Posted by Unknown on Friday 10 November 2017

Wage Rudolf Supratman adalah seorang penulis lagu Indonesia yang menulis lirik dan melodi lagu kebangsaan Indonesia - "Indonesia Raya." Dia adalah Pahlawan Nasional Indonesia.
Lahir: 9 Maret 1903, Jakarta
Meninggal: 17 Agustus 1938, Surabaya
Dikuburkan: Pemakaman Pahlawan Kalibata, Jakarta
Saudara kandung: Rukiyem Supratiyah van Eldik, Rebo, Gijem Soepratinah, Slamet, Ngadini Soepratini, Aminah, Sarah, Roekinah Soepratirah
Orangtua: Djoemeno Senen Sastrosoehardjo, Siti Senen

Zubir Said  adalah pencipta lagu kebangsaan sngapura ( MAJULAH SINGA PURA ) lahir pada tahun 22 Juli 1907 di Fort de Kock  sekarang Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Zubir adalah anak tertua, ia mempunyai 3 adik laki-laki dan 5 adik perempuan. ayahnya bernama Mohamad Said bin Sanang, ibunya meninggal ketika ia berumur 7 tahun.
Majulah Singapura” adalah lagu kebangsaan resmi negara Singapura yang di ciptakan oleh s Zubir Said dan sejak negara tersebut merdeka  pada tahun 1965 . Majulah Singapura di resmkan mejadi lagu kebangsaan singa pura.

Tian Han adalah pencipta agu March Of The Volunteers atau  Mars Para Sukarelawan adala lagu kebangsaan RRC , liriknya diciptakan oleh Tian Han dan musiknya oleh Nie Er.yang  ditulis pada tahun 1935
Mengenai Lagu ini dibuat untuk menghormati mereka yang maju ke depan untuk memerangi penjajah Jepang di timur laut China pada massa tahun 1930 an.
Dan Pada tanggal 27 September 1949 Mars Para Sukarelawan diputuskan sebagai lagu kebangsaan RRC dalam sidang plano pertama konferensi konsultatif politik rakyat China.
Secara resmi, lagu ini diangkat menjadi lagu kebangsaan RRC pada tanggal 4 Desember 1982 oleh Kongres Rakyat Nasional (KRN).

Yoshiisa Oku dan Akimori Hayashi adalah Pencipta lagu kebangsaan jepang kimigayo Teks dalam lagu kimigayo berasal dari puisi kuno dan iramanya diciptakan oleh yoshiisa oku.
Sebenarnya teks dalam lagu ini merupakan sebuah puisi kuno  (haiku) yang liriknya diciptakan oleh Yoshiisa Oku dan Akimori Hayashi. Lirik lagu ini pertama kali muncul dalam sebuah antologi puisi bernama Kokin Wakashu, sebagai sebuah puisi yang ditulis tanpa nama pengarang dan kemudian sebagian jud dalam sebenarnya puisi di aresmen lagi dan di jadikan lagu nasional.

Pak Se Yong dan Musik oleh Kim Won Gyun Adalah penggbah . Lagu Kebangsaan Korea Utara dan  dikenal sebagai Lagu Patriotik atau Patriotic Song atau Aegukka. Nama Aegukka juga digunakan pada pada Lagu Kebangsaan Korea Selatan. Syair lagu ini digubah oleh Pak Se Yong dan Musik oleh Kim Won Gyun. Pemerintahan Komunis Korea Utara, Kim Il Sung menggunakan lagu ini sebagai lagu kebangsaan pada tahun 1947.

Aegukga  Lagu Kebangsaan Korea Selatan oleh Ahn Eak-tai . Aegukga adalah lagu kebangsaan Korea Selatan. adalahLagu Cinta untuk Negara atau Lagu Patriotis Lagu ini belum dinyatakan sebagai lagu kebangsaan oleh pemerintah secara resmi, masih merupakan lagu kebangsaan tak resmi . Lagu kebangsaan Korea merupakan bagian dari simfoni Korea Fantasia oleh Ahn Eak-tai dan mulai diterima publik pada tahun 1936.Lagu Aegukga ini sangatlah unik di antara lagu patriotik Korea Utara, karena sama sekali tidak menyebut Partai Buruh Korea ataupun Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il sebagai kultus individu, melainkan ke Korea secara keseluruhan.

Lagu kebangsaan nasional Republik Cina oleh Sun Yat-sen saat ini ( pinyin: Zhonghua Minguo Guoge) diadopsi pada tahun 1937; Sebelumnya, Song to the Auspicious Cloud digunakan sebagai lagu kebangsaan resmi. Lagu kebangsaan saat ini tetap sebagai lagu kebangsaan pemerintah Republik China di Taiwan. Di daratan China, lagu kebangsaan tersebut menyajikan peran sejarah. Lagu kebangsaan Republik Rakyat China adalah "March of the Volunteers".

Kata-kata lagu kebangsaan diadaptasi dari pidato 1924 oleh Sun Yat-sen, melalui lagu kebangsaan Partai Nasionalis China (Kuomintang) pada tahun 1937. Liriknya menceritakan bagaimana visi dan harapan sebuah bangsa baru dan rakyatnya dapat dicapai dan dipelihara.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment