Tuesday 21 November 2017

Ke istimewaan bawang merah selain sebagai bumbu masakan beserta penjelasannya

Posted by Unknown on Tuesday 21 November 2017



Kandungan nutrisi bawang merah .terdapat vitamin E, K, kalsium, zat besi, magnesium
Mungkin tidak asing lagi bila kita mendengar yang namannya bawang merah apa lagi bagi ibu – ibu rumah tangga tidak ada yang tidak tau dengan bawang merah yang selalu aktif dalam ber bagai masakan , walaupun hamper setiap hari bertemu dengan bawang merah itu  kemungkinan belum banyak juga yang tau apa saja kandungan – kandungan serta nutrisi nutrisi yang terdapat pada bawang merah berikut di bawah ini manfaat bawang merah selain sebagai bumbu dapur beserta pejelasannya.

vitamin E, K,
Vitamin K dikenal juga dengan nama Koagulasi. Vitamin ini termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Hampir serupa dengan vitamin E.

vitamin E bermanfaat untuk 
v Meningkatkan Kekebalan Tubuh -Sehingga vitamin E dapat mencegah dari serangan berbagai macam penyakit dan membantu tubuh untuk tetap beraktivitas secara normal.
v Mencegah Penuaan Dini - Vitamin E menghadirkan antioksidan yang kuat yang dapat mencegah penuaan dini.
v Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung - Vitamin E memiliki peranan penting untuk mengencerkan darah yang beredar dan dapat memperlancar aliran darah. Sehingga tidak akan terjadi adanya penumpukan flak pada dinding pembuluh arteri.
v Melembutkan Kulit - Minyak vitamin E dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan dan Antioksidan yang terkandung dalam minyak vitamin E dapat melindungi sel-sel pada kulit serta mencegah pembentukan radikal bebas baru yang dapat dengan mudah merusak kulit " sebaiknya digunakan seminggu sekali"

vitamin K
fungsi utama vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.

vitamin K  bermanfaat untuk 
v Mencegah Penyakit Hemoragik - Pada bayi baru lahir yang mengidap penyakit hemoragik akan mengalami pendarahan. Untuk mencegahnya sang bayi harus diberi asupan vitamin K melalui air susu ibu (ASI).
v Mencegah Kanker - Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

v Pembekuan Darah - Fungsi Vitamin KSeperti yang sudah kita ketahui bahwa fungsinya untuk membantu pembekuan darah. Jika tidak terpenuhi vitamin K maka proses pembekuan darah akan terganggu.
v Mencegah Pendarahan Hati - Di dalam tubuh, vitamin K juga dapat menekan proses pendarahan di hati yang seringkali muncul akibat pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik secara berlebihan.

kalsium
kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia.Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki simbol Ca dan nomor atom 20. Kalsium

manfaatnya kalsium
v Asupan kalsium yang cukup dapat mencegah pengoroposan tulang.
v Mengatasi kram, reumatik, sakit pinggang, dan juga wasir
v membuat ukuran tubuh menjadi tinggi
v Melancarkan sistem peredaran darah
v Menurunkan risiko kanker usus
v Menyeimbangkan tingkat keasaman pada darah
v Membantu untuk mineralisasi gigi serta mencegah pendarahan pada akar gigi.
v Membantu Proses Pembuahan"  Sperma menuju sel telur menggunakan energi yang dimiliki oleh kalsium. Penelitian membuktikan saat sperma mendekati sel telur pucuk sperma yang mengandung kalsium inilah yang mebuat sperma mampu menembus membran sel telur.
v Melancarkan Fungsi Otak  "Otak akan bekerja secara optimal apabila diberi asupan kalsium karena apabila kekurangan kalsium dapat mengakibatkan gangguang fungsi otak dan sistem syaraf.

Zat besi
Zat besi adalah suatu zat dalam tubuh manusia yang erat dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan.

manfaatnya Zat besi
v untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel.
v Berperan dalam Fungsi Otot - Zat Besi dapat ditemukan dalam protein Myoglobin, yaitu protein utama yang bisa Anda temukan dalam otot. Myoglobin sendiri memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan Oksigen pada sel otot, untuk kemudian melepaskannya dalam proses metabolisme tubuh yang dibutuhkan dalam proses kontraksi otot ,  zat besi memiliki unsur pengikat oksigen dalam tubuh.
v Pembentukan Zat Hemoglobin - Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki cukup Zat Besi, tubuh Anda tidak akan dapat memproduksi cukup sel darah merah yang sehat. Sementara sel darah merah memiliki fungsi besar untuk mengantarkan oksigen dan seluruh nutrisi ke setiap bagian jaringan dan sel dari tubuh kita.
v Membantu Sistem Metabolisme - zat besi memiliki manfaat dalam memaksimalkan fungsi metabolisme. Sebenarnya fungsi utama dari zat besi adalah menjadi salah satu materi utama pembentukan sel darah merah dan menjadi unsur pengikat oksigen. --
v Memaksimalkan Fungsi Imunitas - Zat besi akan membantu mengaktifkan setiap sistem limfosit dalam tubuh yang akan berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan serangan bakteri dan virus.

magnesium
Magnesium adalah logam alkali tanah dan elemen kedua yang terletak di baris kedua dari tabel periodik.

Manfaatnya magnesium
v untuk mencegah penyakit Asma - Dapat membantu tubuh untuk mengaktifkan enzim di dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh.
v Mencegah sembelit - Mengatasi sembelit, salah satu cara efektifnya yaitu dengan memenuhi asupan magnesium yang mencukupi untuk kebutuhan tubuh
v Mengendalikan tekanan darah - Magnesium juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah, menghindari tubuh terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi.
v Mencegah serangan jantung  - Kekurangan magnesium pada penderita penyakit jantung mengakibatkan resiko yang lebih berbahaya.
v Magnesium bekerja untuk melindungi jantung dari masalah denyut jantung tidak teratur, sehingga ritme jantung dapat teratur Asupan suplemen magnesium yang sesuai dosis disanjurkan selama maa kehamilan mampu mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga kestabilan tekanan darah.

v Magnesium penting bagi Ibu Hamil - Elemen penting selama masa kehamilan. Asupan suplemen magnesium yang sesuai dosis disanjurkan selama maa kehamilan mampu mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Fakta Nutrisi
Bawang merah
Jumlah Per 100 gram
Kalori 72
% Nilai harian *
Total Lemak 0,1 g 0%
Lemak jenuh 0 g 0%
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg 0%
Sodium 12 mg 0%
Potassium 334 mg 9%
Jumlah Karbohidrat 17 g 5%
Serat makanan 3,2 g 12%
Gula 8 g
Protein 2,5 g 5%
Vitamin A 0% Vitamin C 13%
Kalsium 3% Besi 6%
Vitamin D 0% Vitamin B-6 15%
Vitamin B-12 0% Magnesium 5%

Nilai harian persen didasarkan pada diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.


                                                                             Mohtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment