Sunday 9 July 2017

Sejarah pembentukan V O C

Posted by Unknown on Sunday 9 July 2017


Sejarah pembentukan V O C

Untuk memenangkan persaingan  dagang dengan  bangsa eropa maupun sesame banfsa belanda sendiri , belanda mendirikan persauan ( KONGSI )  dagang pada tanggal 20 maret 1602 dengan nama Vereenigde O0st-indische Compagnie ( V O C ) yang artinya persatuan dagang india timur . tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan dagang dan encari kr untungan sebesar besarnya .
Pieters Both di angkat sebagai jendral Gupernur V O C yang pertama dan berkedudukan di AMBON . V O C melakukan monopoli perdagangan rempah rempah , yang artinya Rempah – rempah hanya boleh di jual kepada V O C dengan harga yang dit tentukan oleh VOC .Tetapi V O C memberlakukan harga yang  sangat merugikan bangsa Indonesia .
 Dan V O C mempunyai beberapa hak khusus (  hak Octrool )   Sebagai berikut  : 
Sejarah  pembentukan V O C

A ) Membuat perjanjian dengan raja- raja se tempat

 B ) Menyatakan perang atau mengadakan perdamaian

 C ) Membuat senjata dan mendirikan benteng

  D ) Mencetak uang
  E ) Mengangkat dan memberhentikan pegwai .
Tujuan V O C berdagang adalah mencari kekayaan , menunjukkan bangsa belanda terhormat , dan menyebarkan agama nasrani . Dalam melakukan perdagangan V O C memaksakan system monopoli  .Bahkan untuk memper oleh barang dagangan  V O C Berusaha menguwasi daerah barang dagangan tersebut.
Ketika Jan Pieterszoon Coen Menjadi jendral V O C , markas besar V O C di pindahkan dari ambon ke jayakarta pada tanggal  31 mei 1819 , nama jayakarta dig anti menjadi Batavia .
Kebijakan yang di lakukan oleh V O C sangat merugikan Indonesia  . Untuk mempertahan kan harga V O C memerintahkan penebangan sebagian rempah – rempah milik rakyat .Di Maluku V O C melakukan pelayaran Hongi ( patrol laut ) untuk mengawasi rakyat Maluku agar tidak menjual rempah-rempah mereka ke pedagang lain.
Sikap V O C makin kasar dan semena – mena sehingga  rakyat Indonesia benci kepada V O C ,akibatnya timbul perlawanan dari kerajaan – kerajaan  di berbagai daerah Indonesia .Namun V O C menjalankan politik devide yaitu politik adu domba V O C  mengadu domba raja – raja di Indonesia agar mereka saling ber musuhan . dan hal ini mempremudah  V O C untuk mengusai Indonesia  
Penyebab V O C dapat menguasai daerah – daerah di Indonesia antara lain :
1.      Tidak adanya persatuan antara raja – raja di Indonesia
2.      Peralatan V O C lebih lengkap dan modern .
3.      V O C mengadakan politik dengan cara adu domba untuk memecah belah kekuatan antara raja-raja di wilayah Indonesia.
Menjelang abad ke- 19  ke adaan ke uwangan V O C semakin memburuk, sehingga mengalami ke bangkrutan  , di sebabkan berbagai hal di antaranya sebagai berikut :
1.      Pejabat – bejabat V O C melakukan  korupsi dan hidup mewah.
2.      V O C menanggung biaya perang yang sangat besar .
3.      Kalah bersaing dengan pedagang – pedagang EROPA lainnya .
4.      Pegawai V O C melakukan perdagangan gelap

Pada tanggal 31 Desember 1799 , V O C di bubarkan oleh pemerintah belanda , dan di perintah langsung oleh belanda .pemerintahan yang berkuasa di Indonesia  dan di sebut pemerintahan Hindiabelanda.


                                                                                         Mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment