Monday 10 July 2017

konggres pemuda indonesia berhasil mencetuskan SUMPAH PEMUDA

Posted by Unknown on Monday 10 July 2017


SUMPAH PEMUDA MEMPERSATUKAN BANGSA INDONESIA
SUMPAH PEMUDA MEMPERSATUKAN BANGSA INDONESIA

Peranan pemuda Indonesia sangat penting dalam mempersatukan bangsa Indonesia . para pemuda yang bergabung dalam berbagi  organisasi pemuda   mengadakan konggres pemuda I pada tanggal 30 April – 2 Mei 1928 di Jakarta .konggres ini di wakili dari berbagai organisasi pemuda seperti jong java , jong sumatara , jong ambon , jong  batak , jong Celebes , dan yang lain . konggres tersebut berhasil membentuk Organisasi pemuda INDONEESIA  sebagai hasil dari peleburan berbagai organisasi pemuda yang di namakan indo nesia pemuda .
TUjuan konggres pemuda  I adalah membentuk perkumpulan pemuda yang tunggal dengan maksut :

1, Memajukan paham persamaan  dan kebangsaan .
2, mempererat hubungan antara semua perkumpulan ke bangsaan .

Walaupun konggres pemuda I belum berhasil membentuk  dan mendirikan organisasi yang bersifat nasional , namun para pemuda tidak putus asa . Mereka tetap berusaha untuk mendirikan organisasi yang bersifat Nasional .Dalam bulan juni 1928 , di bentuk panitia untuk persiapan konggres pemuda II.

Konggres pemuda II di adakan pada tanggal 27 – 28 Oktober  1928 , konggres pemuda II di hadiri kurang lebih 750 orang dari berbagai wakil dari suatu Organisasi yang ada . Konggres berjalan dengan penuh gelora semangat persatuan nasional pemuda Indonesia . Pada konggres tanggal 28 oktober 1928 , Seorang wartawan  dan pencipta lagu yang berjudul Indonesia Raya bernama Rdolf Supratman memperdengarkan lagu ciptaannya yang  berjudul Indonesia Raya Sehingga  pada tahun 1931 , atas anjuran Ir.sukarno lagu Indonesia raya di jadikan lagu kebangsaan Indonesisa
.
Dalam konggres ke II tersebut berhasil di cetuskan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 di jalan keramat raya no 6 Jakarta . Sumpah Pemuda ,hasil Konggres Pemuda II adalah sebagai berikut  :

1. Kkami putra putrid indonasia bertumpah darah satu , tanah air Indonesia
2. Kami putra putrid Indonesia megaku berbangsa satu , bangsa Indonesia .
3. Kami putra dan putrid Indonesia menjujung bahasa persatuan , bahasa Indonesia .
                                                                                                     Mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment