Monday 10 July 2017

TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Posted by Unknown on Monday 10 July 2017

 TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

1. Ir.Sukarno

TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Ir. Sukarno adalah Presiden Indonesia pertama yang bertugas sejak tahun 1945 sampai 1967. Sukarno adalah pemimpin perjuangan negaranya untuk kemerdekaan dari Belanda. 
Lahir: 6 Juni 1901, Surabaya
Meninggal: 21 Juni 1970, Jakarta
Pendidikan: Institut Teknologi Bandung
Pasangan: Heldy Djafar (1966-1969), LEBIH
Anak-anak: Megawati Sukarnoputri, Rachmawati Sukarnoputri, 
Buku: Nasionalisme, Islam, dan Marxisme, Kepada Rakyat 
Penghargaan: Hadiah Perdamaian Lenin, Legiun Kehormatan Filipina
sebagai dasar Negara Indonesia . Setelah Indonesia merdeka  PPKI memilih beliau menjadi presiden Pertama Republik Indonesia  karena jasanya  dan Ir.sukarno di beri gelar sebagai PLOKAMATOR  KEMERDEKAAN INDONESIA 

2. Dr.K . R . T  . Radjiman Wedyodiningrat .
TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat adalah seorang dokter Indonesia dan salah satu tokoh pendiri Republik Indonesia.
Lahir: 21 April 1879, Yogyakarta

Meninggal: 20 September 1952, Ngawi

   Dr. K . R . T . Radjiman Wedyodiningrat  ADALAH SE ORANG DOKTER DAN TOKOH Pergerakan Indonesia .Peran beliau sangat penting dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan Indonesia . khususnya  ketika Bangsa Indonesia sedang merumuskan dasar Negara .
    Beliua masuk organisasi BUDI UTOMO  sejak organisasi itu berdiri , beliu menjadi anggota Volkstraat yang di bentuk Pemerintah Hindi Belanda pada tahun 1918 hingga tahun 1931 pada masa pendudukan jepang , beliau menjadi bahan pertimbangan daera Madiun , kemudian di tarik ke pusat menjadi anggota dewan pertimbangan pusat . setelah PUTERA terbentuk , beliu duduk dalam majelis pertimbangan . puncak perannya terjadi ketika beliau menjadi ketua B P U P L I menjelang kemerdekaan Indonesia .
 r. Soepomo.
TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA


 Prof.Dr.Mr. Soepomo. Lahir di suko harjo , jawa tengah , Setelah tamat dari sekolah tinggi hukum  , beliu melanjutkan sekolah ke Universitas Leinden  Belanda dan  memper oleh gelar doctor di sana . Sekembalinya di tanah air , beliu bekerja di pengadilan Negri Yogyakarta .
Prof.Dr.Mr. Soepomo. Menjadi anggota B P U P K I dan P P K I , Beliu mengusulkan  dasar-dasar Negara dalam siding B U P K I pada tanggal 31 Mei 1945 . Beliu juga menjadi anggota tim perancang Undang – Undang Dasar . Setelah Indonesia merdeka  beliu menjabat mentri kehakiman.

 4. Mr.Muh . Yamin
TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

  Mr.Muh . Yamin  adalah seorang ahli hokum , tokoh prgerkan kemerdekaan , penyair angkat pujangga baru , dan penggali  sejarah INDONESIA .  Pada masa mempersiapkan kemerdekaan Indonesia  , beliau menjadi anggota B P U P K I . beliau mengajukan usul dasar Negara .
    Dalam sidang B P U P K I pada tanggal 29 Mei  . beliau juga  menjadi anggota panitia Sembilan yang merumuskan piagam Jakarta. Setelah Indonesia merdeka , beliu beberapa kali menjabat mentri dan anggota  DPRS / MPRS .

5. Mr. Ahmad subarjo
TOKOH – TOKOH PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

   Ahmad subarjo adalah pejuang kemerdekaan dari golongan tua . semasa kuliah , beliau giat dalam perhimpunan  Indonesia menjelang Proklamasi , beliau menjadi anggota  B P U P K  I . Beliau jua menjadi anggota Sembilan . perannya sangat penting adalah menjadi penengah antara golongan muda dengan sukarno  dalam peristiwa rengas dengklok .
  Setelah Indonesia merdeka , beliu di angkat menjadi mentri luar negri RI.Setelah tidak aktif dalam bidang diplomasi dan pemerintahan , Beliau member di berbagai Universitas  , Salah satunya Universitas Indonesia .
                                                                                                   
                                                                                       By ; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment