Monday 12 June 2017

CARA MEMPERBANYAK ASI BAGI IBU MENYUSUI DAN BARU MELAHIRKAN

Posted by Unknown on Monday 12 June 2017

CARA MEMPERBANYAK ASI BAGI IBU MENYUSUI DAN BARU MELAHIRKAN


Saat pertama kali menyusui seorang ibu sering khawatir akan pasokan Asi mereka. Kabanyakan ibu cukup memiliki pasokan ASI bagi bayi mereka, namun beberapa ibu tidak dapat mencukupi bayi mereka karena minimnya Asi yang dihasilkan oleh karen itu bagi ibu yang baru melahirkan, perlu untuk mengetahui cara memperbanyak asi .

Minimnya pasokan Asi dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, konsumsi pil KB, pemenuhan hormon didalam tubuh, kekurangan gizi dan masih banyak lagi penyebab lain yang menyebabkan minimnya produksi ASI.

Minimnya produksi ASI dari ibu dapat menyebabkan resiko bayi kekurangan gizi, sistem kekebalan tubuh, daya ingat bayi yang buruk serta masalah kesehatan lainnya.

ASI merupakan sumber nutrisi yang penting untuk bayi yang baru lahir, oleh karena itu penting untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pasokan ASI. Beberapa cara sederhana dapat anda lakukan untuk meningkatkan produktifitas ASI.

Berikut ini adalah cara memperbanyak asi untuk memenuhi kebutuhan bayi anda.

1. Kompres hangat

Sirkulasi darah yang rendah sering menjadi masalah utama dibalik manimnya pasokan ASI. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan kompres air hangat pada payudara sebelum menyusui untuk meingkatkan aliran darah.

Bersihkan puting susu agar tidak terjadi penyumbatan kemudian pijat payudaradengan lembut selama lima menit sebelum menyusui.

Celupkan kain bersih dalam air hangat dan peras, gunakan kain hangat untuk memijat lembut daerah sekitar puting susu, menekan payudara ke dada. Stelah memijat selama 5 sampai 10 menit, membungkuk dan mulailah untuk menyusui bayi Anda.

2. Fenugreek

Fenugreek dianggap sebagai obat yang baik untuk merangsang kelenjar penghasil susu. Fenugreek mengandung phytoestrogen yang mampu meningkatkan produksi ASI.

Rendam satu sendok makan biji fenugreek dalam satu cangkir air semalam. Di pagi hari, merebus air bersama dengan biji fenugreek selama beberapa menit. Saring dan minum setiap hari untuk meningkatkan ASI.

3. Adas Biji

Biji adas juga dapat membantu dalam meingkatkan Produktifitas ASI. Biji adas bertindak sebagai galactogogue, zat tubuh yang membantu memproduksi ASIi. Biji adas juga membantu pencernaan dan membantu mencegah nyeri kolik pada bayi kecil.

Tambahkan satu sendok makan biji adas untuk satu cangkir air panas. Tutup cangkir, biarkan curam selama 30 menit, dan kemudian saring. Minum sebagai teh dua kali sehari selama satu bulan.

Anda dapat mencampurkan setengah cangkir biji adas, biji jintan dan gula batu dalam mangkuk. Menggilingnya untuk dijadikan bubuk halus. Tambahkan satu sendok bubuk ini kedalam secangkir susu 3 kali sehari dalam dua minggu.

Selain cara diatas, amda juga dapat mencampurkan biji adas kedalam masakan anda.

4. Jintan

Jinten dipercaya dapat merangsang produksi susu. Selain itu biji jintan meningkatkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit, asam lambung dan kembung. Jintan juga kaya akan zat besi untuk memberikan kekuatan bagi ibu yang baru melahirkan.

Campurkan satu sendok teh jintan dengan satu sendok teh gula, campurkan ini dengan segelas susu hangat dan minum sebelum tidur setiap hari selama beberapa minggu.

Anda juga dapat menambahkan dua sendok teh biji jintan kedalam satu-setengah cangkir air dan didihkan. Saring dan tambahkan setengah cangkir susu dan satu sendok teh madu. Aduk rata dan minum setiap hari selama beberapa minggu.

5. Kayu manis

Menurut Ayurveda, kayu manis juga dapat membantu untuk meningkatkan sekresi ASI. Ketika ibu menyusui makan kayu manis, membantu meningkatkan meningkatkan rasa dan produksi ASI. Kayu manis juga membantu menunda terjadinya menstruasi setelah melahirkan.

Campur sejumput bubuk kayu manis dan satu-setengah sendok teh madubersama dengan secangkir susu hangat, minum campuran ini setiap hari sebelum tidur..

6. Bawang putih

Bawang putih merangsang laktasi. Khasiat dari bawang putih mampu meningkatkan produksi ASI. Parut 3 siung bawang putih hingga halus kemudian rebus bawang putih parut dalam satu cangkir air hingga tinggal 1/4.Tambahkan satu cangkir susu ke dalam campuran kemudian rebus.     Angkat dari api, campurkan setengah sendok teh madu dan saring.Minum sekali sehari, di pagi hari, Selama masa menyusui.

7. Kemangi

Dalam Ayurveda, kemangi digunakan untuk membantu ibu menyusui dalam meningkatkan produksi ASI. Ramuan kemangi dapat merangsang aliran ASI serta membantu menenangkan saraf ibu yang baru melahirkan.

Mandi dengan air kemangi baik untuk kesehatan bayi dan ibu karena kemangi mengandung karoten, niacin, tiamin dan besi.

cara memperbanyak asi dengan mencampurkan satu cangkir air dan enam sampai delapan daun kemangi cincang halus.Biarkan campuran mendidih selama 1-2 menit, angkat dan biarkan hingga dingin lalu campurkan sedikit madu untuk menambah rasa.

Minum ini dua kali sehari selama beberapa bulan setelah melahirkan.

8. Daun katuk

Daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI, hal ini dikarenakan didalam katuk mengandung laktagagum yang ada didalamnya. Anda dapat mengkonsumsi daun katuk dengan mengolahnya menjadi sayur. Didalam daun katuk mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin.

Mengkonsumsi daun katuk dapat meningkatkan kadar hormon steroid adrenal. Kadar prolaktin yang tinggi akan mermanfaat dalam meningkatkan, mempercepat dan memperlancar produksi ASI. Selain itu didalam daun katuk juga mengandung alkaloid, sterol, flavonoid dan tannin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cara pengolahan daun katuk haruslah berhati-hati karena terlalu lama dalam merebusnya dapat menurunkan kualitas produksi ASI.

9. Oatmeal

Oatmeal adalah diet sehat bagi para ibu yang ingin meningkatkan produksi ASI. Oatmeal merupakan sumber zat besi dan defisiensi zat besi merupakan salah satu alasan utama di balik kurangnya produksi ASI.

Makan semangkuk oatmeal dengan susu untuk sarapan setiap pagi merupakan salah satu cara paling sederhana untuk pasokan ASI.

10. Wortel dan Bit

Wortel dan bit mengandung baik jumlah beta-karoten, yang mempu meningkatkan pasokan ASI. Selain itu beta-karoten yang bermanfaat bagi pertumbuhan bayi yang baru lahir. Plus, dalam sayuran ini tinggi mineral dan nutrisi diperlukan oleh ibu menyusui.

Tips 

Jaga tubuh terhidrasi dengan minum air disetiap hari.

Makan makanan bergizi dan mencoba untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda.

Sering menyusui bayi Anda. Semakin Anda sering menyusui, semakin banyak susu akan dihasilkan.

Susuilah bayi Anda dari satu payudara sampai sampai habis, dan kemudian beralih ke sebelahnya.

Pompa payudara anda setiap dua sampai tiga jam untuk pasokan asi.

Jangan merokok atau minum alkohol selama masa menyusui.

Demikian tadi beberapa tips untuk meningkatkan produksi ASI, namun karena produktifitas ASI sangatlah penting, berkonsultasilah dengan Dokter terkait cara memperbanyak asi.

WARUNG HIDUP

Warung hidup adalah tumbuhan pada lahan sempit ataupun luas dengan aneka tumbuhan yang berguna untuk pelengkap sayuran, bumbu atau buah buahan. Tanaman ini bisa ditanam di pekarangan langsung, bisa juga ditanam dalam pot daur ulang, seperti kaleng biskuit yang besar atau bekas ember cat, yang penting bisa membuat tanaman nyaman. Sayuran dan buah yang mudah tumbuh di pekarangan biasanya cabe rawit, tomat, jambu biji, daun salam, serai, aneka rempah, singkong, ubi dan daun ginseng.

Keuntungan mempunyai  warung hidup :

Penghijauan halaman rumah yang sangat bermanfaat bagi kesegaran lingkungan sekitarnya.
Stok obat alami, misalnya ketika si kecil memar karena jatuh maka bisa mengambil umbi kencur yang kita tanam kemudian ditumbuk dan dioleskan pada luka memar.
Suplai kebutuhan dapur terjamin bila dipekarangan rumah tersedia cabe rawit, daun seledri atau daun bawang, tomat, singkong,  daun pandan, suji dan daun salam maka kebutuhan sehari – hari dapat terpenuhi.
Memanfaatkan daun yang berguguran dan sampah organik sebagai pupuk organik, bagi tanaman kita.
Hobi yang mendatangkan nilai tambah bagi keluarga
Berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang dapat ditanam di pekarangan:

Beberapa tanaman obat lain yang dapat dikembangkan dipekarangan adalah :

cabai jawa yang bermanfaat untuk mengatasi kejang perut, disentri, sakit kepala, sakit gigi dan demam
kencur untuk menyembuhkan flu pada bayi, masuk angin dan batuk, serta menghilangkan rasa lelah
sirih untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit, mengatasi pendarahan gusi dan mimisan serta menyembuhkan sariawan.
jambu biji untuk menyembuhkan sakit perut, mengatasi maag, diabetes dan sakit perut.
Menciptakan apotik warung hidup di rumah anda hanya membutuhkan kemauann dari diri anda maka insya Allah semua bisa terwujud .

                                                                                                          Mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment