Thursday 7 September 2017

20 macam anggrek , gambarbesera manfaat dan kegunaannya

Posted by Unknown on Thursday 7 September 2017

20 macam anggrek , gambarbesera manfaat dan kegunaannya

Coelogyne pandurata ditemukan di Malaysia, Sumatera, Kalimantan dan Filipina sebagai tumbuhan berukuran besar, banyak ditemukan di pohon-pohon besar di dekat sungai. Bunga-bunga yang secara bersamaan membuka sangat harum madu tetapi masa hidupnya singkat.

20 macam anggrek , gambarbesera manfaat dan kegunaannya
1. Bunga anggrek hitam (Coelogynepandurata)
Perawatan
Meletakkan Bunga Anggrek dengan Paparan Cahaya Matahari
yaitu dengan meletakkan bunga anggrek terserang pancaran cahaya matahari yang cukup. Cahaya matahari begitu bertindak utama dalam sistem fotosintesis pada tanaman. Tetapi dalam perawatan bunga anggrek hitam ini janganlah terserang cahaya matahari dengan cara segera bisa mengakibatkan bunga anggrek hitam alami cepat layu.

Anggrek selop merupakan salah satu anggota genus Paphiopedilum yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Anggrek selop yang disebut juga anggrek kasut berbulu dalam bahasa Inggris dikenal sebagai The Shiney Green Leaf Paphiopedilum dan Tropical Ladys-Slipper. Nama latin tanaman ini adalah Paphiopedilum glaucophyllum J.J.Sm. yang bersinonim dengan Cordula glaucophylla (J.J.Sm.) Rolfe, Cypripedium glaucophyllum(J.J.Sm.) Mast., dan Paphiopedilum victoria-regina subsp. Glaucophyllum.
2 Angrek selop wanita tropis ( Paphiopedilum alaucophyllum )
Nama genus Paphiopedilum berasal dari bahasa Yunani ‘Paphos’ (kota suci bagi Aphrodite) dan ‘pedilon‘ (sepatu). Sedangkan glaucophyllum berasal dari bahasa latin ‘glaucus’ yang mencerminkan bagian bibir berwarna ungu hijau dan “phyllus” menggambarkan helai kelopak punggung yang berwarna hijau biru keputihan.
Anggrek Selop merupakan tanaman endemik yang hanya ditemukan di lereng-lereng gunung Semeru pada ketinggian 450 – 770 meter dpl. Di habitat alaminya, jenis anggrek ini tumbuh menempel pada dinding-dinding tebing yang tinggi dan curam dengan media tumbuh berupa humus karena anggrek ini merupakan anggrek tanah atau terestrial.
Status Konservasi Anggrek Kasut Berbulu
3..Bromheadia finlaysoniana
Anggrek ini, di Austraia dikenal sebagai anggrek alang-alang pucat. Anggrek jenis ini tersebar cukup luas yang mencakup Burma; Thailand; Kamboja; Laos; Vietnam; Semenanjung Melayu; Singapura; Sumatra; Borneo; Brunei; Maluku; New Guinea, termasuk Papua Nugini; Semenanjung Cape York di Queensland, Australia; dan Kepu  Bunga-bunganya biasa muncul antara Juni sampai Maret. Biasanya orang melihat hanya kuncup karena bunga hanya mekar sebentar pada siang hari.lauan Anambas.

4 . Paphiopedilum robinson 
Paphiopedilum robinson adalah spesies anggrek sandal yang banyak terdapat di Sulawesi, Indonesia, di mana hal ini diketahui dari dua gunung di Kabupaten Sulawesi Tengah. Gunung ini dibatasi untuk habitat hutan pegunungan tropis pada ketinggian sekitar 1400 meter.
5.Bromheadia finlaysoniana
Anggrek ini, di Austraia dikenal sebagai anggrek alang-alang pucat. Anggrek jenis ini tersebar cukup luas yang mencakup Burma; Thailand; Kamboja; Laos; Vietnam; Semenanjung Melayu; Singapura; Sumatra; Borneo; Brunei; Maluku; New Guinea, termasuk Papua Nugini; Semenanjung Cape York di Queensland, Australia; dan Kepulauan Anambas.tumbu di tempat basah dan biasanyapada sungai dengan ketinggian 0-150 meter.
6. Aerides odorata
Aerides odorataadalah jenis Angrek  yang tersebar luas di sebagian besar Asia Tenggara, ditemukan di hutan dataran rendah China (Yunnan, Guangdong), Himalaya, Bhutan, Assam, Bangladesh, India, Nepal, Kepulauan Andaman dan Nicobar, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kepulauan Sunda, dan Filipina. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis. Anggrek jenis ini terancam oleh hilangnya habitat.Aerides odorata adalah jenis tanaman yang tersebar luas di sebagian besar Asia Tenggara, ditemukan di hutan dataran rendah China (Yunnan, Guangdong), Himalaya, Bhutan, Assam, Bangladesh, India, Nepal, Kepulauan Andaman dan Nicobar, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kepulauan Sunda, dan Filipina. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis 

7. Calanthe pulchra
Anggrek ini ditemukan di Laos, Thailand, Kalimantan, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatera di hutan lembab pada ketinggian 130-1.700 meter. Jenis ini merupakan anggrek dengan ukuran sedang hingga besar.

8. Dendrobium amboinense (the Amboin Island dendrobium)
Dendrobium Amboinense atau dendrobium Amboin Island, adalah anggrek berbunga di dataran rendah dari subtribe Dendrobiinae. Spesies ini banyak ditemukan di pulau Ambon dan pulau-pulau terdekat di Laut Banda, Indonesia.
Anggrek ini memiliki pseudobulbs yang mencapai sekitar 50 cm (20 inci) tingginya. Mereka menghasilkan dua atau tiga daun dengan panjang sekitar 6 cm dan lebar sekitar 2,5 cm. Bunga-bunga diproduksi pada tandan yang sangat pendek. Bunga-bunga berbunga hingga 20 sentimeter. Bunga mekar di malam hari. Bunga yang baru mekar berwarna putih tulang, dan saat sore berjalan menjelang malam, warna perlahan berubah ke warna pucat oranye mengkilap
9. Abdominea minimiflora
Abdominea minimiflora atau Abdominea berbunga kecil, adalah spesies epifit anggrek monopodial sangat langka dan satu-satunya spesies dari marga Abdominea monospecific. Bunga ini disebarkan dari Thailand ke Semenanjung Melayu, Jawa, dan Filipina.Nama bunga ini berasal dari bahasa Latin abdomen, yang berarti perut. Hal ini mengacu pada kesamaan antara bentuk labellum (bibir) dan bentuk perut serangga. Bunga anggrek ini menghasilkan bunga sangat kecil, lebar sekitar 0,45 cm.

10  Anggrek bulan Kalimantan barat (Paraphalaenopsis serpentilingua)
Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Paraphalaenopsis serpentilingua. Ciri utama bunga anggrek bulan Kalimantan adalah bunga berwarna putih dengan corak berwarna kuning dan merah.
Dengan bentuk yang lucu dan warna yang menawan membuat orang yang melihatnya akan terpesona dengan keindahannya. Bunga anggrek kalimantan merupakan salah satu jenis bunga yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.
11.Anggrek stuberi (Dendrobium lasianthera)
 Anggrek tumbuhan indah yang sulit diungkapkan keindahan dengan kata kata, ciptaan Tuhan yang sangat cantik, tapi anggrek tidak akan mudah dinikmati oleh kalangan tertentu, selain langka juga jenisnya sulit didapat seperti Anggrek Dendrobium lasianthera, aggrek ini kadang disebut juga sebagi anggrek stroberi.
Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan anggrek yang hidup di Indonesia seperti Papua dan Papua New Guinea. Di Indonesia dikenal sebagai Angrek  stuberi, stroberi. Dalam bahasa Inggris biasa Angrek ini dikenal sebagai Wooly Pollina Dendrobium, atau dengan nama varietasnya semisal May River Red dan Sepik Blue.

13  Anggrek Dendrobium lasianthera


merupakan tanaman epifit yang tumbuh di daerah lembab dan membutuhkan banyak Anggrek Dendrobium lasiantheracahaya. Di alam liar biasa ditemukan hidup di sekitar daerah aliran sungai, rawa-rawa, dan hutan di dataran rendah Papua.
Ukuran tanaman anggrek Dendrobium lasianthera cukup besar, bisa mencapai lebih dari 1 meter. Anggrek ini mempunyai bunga yang indah. Dalam satu tandon bunga bisa muncul antara 10 – 30 kuntum bunga. Warna bunganya pun sangat bervariasi mulai dari merah, putih, biru, dan kekuningan dengan gradasi indah.
Masing-masing varietas anggrek ini mempunyai gradasi warna yang berbeda. 
Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan tanaman epifit yang tumbuh di daerah lembab dan membutuhkan banyak cahaya. Di alam liar biasa ditemukan hidup di sekitar daerah aliran sungai, rawa-rawa, dan hutan di dataran rendah Papua.
Ukuran tanaman anggrek Dendrobium lasianthera cukup besar, bisa mencapai lebih dari 1 meter. Anggrek ini mempunyai bunga yang indah. Dalam satu tandon bunga bisa muncul antara 10 – 30 kuntum bunga. Warna bunganya pun sangat bervariasi mulai dari merah, putih, biru, dan kekuningan dengan gradasi indah
https://apotik1.blogspot.com/2017/06/20-macam-anggrek-gambarbesera-manfaat.html
14 , Anggrek larat (Dendrobium phalaenopsis)
Anggrek larat adalah salah satu bunga identitas Indonesia khususnya di Maluku.Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Dendrobium phalaenopsis. Nama anggrek larat diambil dari nama Pulau Larat yang ada di Kepulauan Maluku.Pulau Larat adalah pulau dimana anggrek larat pertama kali ditemukan.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae (suku anggrek-anggrekan)
Genus: Dendrobium

Spesies: Dendrobium phalaenopsis

15 . Anggrek Vanda tricolor berbatang bundar

, panjang dan kokoh. Tinggi tanaman dapat mencapai 2m, daun berbentuk pita agak melengkung dengan ujung daun rumpang bersudut tajam dengan lebar sekitar kurang lebih 3 cm dan panjang mencapai 45 cm, tersusun saling bergantian pada batang yang tumbuh tegak. Tandan bunga bisa mencapai 50 cm yang menyangga 10-20 kuntum bunga yang muncul dari ketiak daun, sepal dan petal berwarna dasar antara putih dan kuning dengan corak totol berwarna coklat hingga kuning, dengan totol-totol merah keunguan. Diameter bunga anggrek Vanda tricolor bisa mencapai 10 cm, bunga mampu bertahan hingga 20-25 hari. Bunga anggrek Vanda tricolor berbau harum, aroma harum ini sangat di pengaruhi oleh ketinggian tempat hidupnya, di dataran tinggi aromanya sangat kuat dan semakin turun ke dataran rendah aromanya akan semakin berkurang.
Anggrek Vanda tricolor

 sebenarnya cukup mudah untuk dibudidayakan, namun demikian tetap membutuhkan keterampilan dalam proses budidya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbanyak tanaman anggrek Vanda tricolor,namun secara garis besar perbanyakan anggrek Vanda tricolor dibedakan menjadi dua cara, yaitu perbanyakan generatif dan perbanyakan vegetatif. Perbanyakan generatif pada anggrek Vanda tricolor ialah dengan menggunakan biji. Secara alami tempat penyebaran biji anggrek Vanda tricolor ini hanya di sekitar akar atau tempat tumbuh ketika buah terbelah dan biji-biji bertebaran, namun terkadang anggrek bisa tumbuh di tempat yang agak jauh ketika biji-biji anggrek  terbawa oleh angin, serangga, atau hewan lainnya. Biji anggrek yang dihasilkan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk tumbuh sebagai bibit. Sementara itu penyebaran biji dengan teknologi yang cukup modern bisa dilakukan, seperti yang dilakukan di laboratorium khusus (Parnata,2005).
Perbanyakan vegetatif dilakukan dengan cara megambil bagian tanaman lalu menanamnya secara terpisah dari induknya. Perbanyakan ini dapat menghasilkan keturunan yang sifatnya sama dengan induknya. Beberapa cara perbanyakan vegetatif yang biasa dilakukan ialah pemisahan rumpun, menggunakan keiki (anakan yang tumbuh liar di ujung umbi), menggunakan stek, dan kultur \ Perbanyakan secara \ dapat digunakan untuk perbanyakan generatif dan juga perbanyakan vegetatif.

macam -macam-anggrek-gambar-manfaat.html
16. Anggrek monyet (Dracula Simia)


Dracula Simia, disebut juga sebagai Monkey Orchid, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Anggrek Monyet. Diberi nama seperti itu, karena anggrek ini memiliki keunikan, bukan sekedar unik, tapi aneh, karena bunga anggrek ini menyerupai wajah monyet. Ini adalah fenomena alam.
Karena keanehan bunga dari anggrek monyet ini, maka anggrek ini pun menjadi incaran para kolektor anggrek. Keanehan anggrek ini, dari berbagai warna bunga anggrek ini memang seluruhnya menyerupai wajah monyet.
Dracula Simia atau Anggrek Monyet ini, hidup di hutan pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut. Tersebar di Peru dan Ecuador.

Dari nama Anggrek Monyet ini, yang bernama ilmiah Dracula simia, diartikan dracula sebagai naga kecil, dan simia diartikan sebagai menyerupai monyet.

Anggrek Monyet hidup pada hutan yang teduh dengan suhu udarayang dingin. Kemungkinan besar anggrek ini tidak bisa hidup di dataran rendah atau daerah panas. Oleh karena itu banyak para kolektor anggrek yang gagal memelihara anggrak unik in.
Pada awal masuknya anggrek ini ke Indonesia, banyak orang yang menghubung-hubungkan dengan hal-hal gaib atau mistis. Seperti yang disebut tadi, bahwa ini bukanlah hal gaib, tapi ini adalah fenomena alam.
Anggrek Monyet terdiri dari beberapa species, yang tersebar di Amerika Latin, terutama di Peru dan Ecuador.
Beberapa jenis Anggrek Monyet:
Dracula simia
Dracula radiosa
Dracula velutina
Dracula ubangina
Dracula syndactyla
Dracula vinacea
Dracula cordobae
Dracula orchid
Dracula vampira
Bulbophyllum scaberulum


17.   Angrek tebu
Ciri utama anggrek tebu adalah ukurannya yang besar. Malai dapat tumbuh mencapai ketinggian 2,5 – 3 meter dengan diameter sekitar 1,5-2 cm. Dalam setiap malai bisa memiliki puluhan, bahkan mencapai seratus kuntum bunga yang masih-masing bunga berdiameter sekitar 10 cm. Sosok batangnya ini memang mirip dengan tebu lantaran itu kemudian anggrek ini terkenal sebagai anggrek tebu.

Bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong dari batangnya bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan 2 bulan.
Persebaran dan Konservasi. Tanaman anggrek tebu tersebar secara alami mulai dari Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Indonesia, hingga New Guinea. Di Indonesia anggrek tebu tersebar ulai dari pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.
Tanaman bunga anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) tumbuh di sela-sela atau pangkal pohon besar di daerah dataran rendah yang beriklim tropis. Anggrek tebu membutuhkan sinar matahari langsung.

macam-anggrek-gambarbesera-manfaat.html
18. Anggrek Bibir Berbulu atau Beautiful Coelogyne (Coelogyne speciosa)
 Nama dan ketenarannya memang kalah dibanding saudaranya,Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata), bahkan Anggrek Bibir Berbulu terkesan kurang dikenal di Indonesia. Padahal Anggrek Bibir Berbulu (Coelogyne speciosa) menjadi salah satu bukti eksotisme dan kecantikan anggrek-anggrek asli Indonesia.
Nama latintumbuhan epifit ini adalah Coelogyne speciosa (Blume) Lindl. Nama sinonim yang menyertainya diantaranya adalah Chelonanthera speciosa Blume, Pleione speciosa(Blume) Kuntze, Coelogyne speciosa var. alba, Coelogyne speciosa var. albicans, danCoelogyne speciosa var. rubiginosa. Penamaan ‘speciosa’ mengacu pada bentuk bunga anggrek ini berukuran besar dan spektakuler.
Dalam bahasa Inggris kadang dikenal sebagai “Beautiful Coelogyne“. Di Indonesia dikenal sebagai Anggrek Bibir Berbulu. Penamaan ini dimungkinkan karena bunganya memiliki bibir (lebellum) yang khas serta ditumbuhi bulu.
Coelogyne speciosa adalah anggrek epifit. Hidup menempel di batang atau dahan pohon besar. Batangnya membentuk umbi semu (pseudobulb) berbentuk bulat telur dengan panjang sekitar 6 cm dan diameter 2 cm. Umbi semu tersebut bergerombol dan memiliki 1 atau 2 helai daun. Daunnya sendiri memanjang dengan ujung meruncing.
Bunga anggrek Coelogyne speciosa majemuk dengan tangkai berbentuk zig-zag dengan daun pelindung. Bunga memiliki labellum atau bibir yang khas, berukuran besar, bertaju, tidak rata, dan berbulu. Warna dasar labellum putih sampai hijau muda, dengan warna coklat di bagian tengah, dan putih di ujungnya.
Anggrek Bibir Berbulu tumbuh secara alami d hutan hujan tropis dari dataran rendah hingga tinggi. Daerah sebarannya cukup luas yaitu mulai dari Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga kepulauan Nusa Tenggara.

macam-anggrek-gambar
19.Anggrek Bulan atau Moon Orchid (Phalaenopsis amabilis)
Anggrek Bulan adalah salah satu bunga eksotis dari Indonesia. Moon Orchid adalah salah satu bunga nasional Indonesia yang disebut "Puspa Pesona". "Anggrek Bulan" atau atau "Puspa Pesona" dimasukkan ke dalam spesies Phalaenopsis. Pertama kalinya bunga ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Di dunia setidaknya ada 60 jenis (spesies) Phalaenopsis, dengan sekitar 140 varietas di antaranya ada 60 varietas Anggrek Bulan di Indonesia. Anggrek bulan tersebar luas mulai dari Filipina, Malaysia, Indonesia, guinea baru Papua, hingga Australia. Cara hidup anggrek bulan sebagai Epiphyte dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan tropis. Moluccas adalah yang pertama ditemukan untuk anggrek bulan di Indonesia. Anggrek bulan memiliki beberapa nama daerah seperti "Anggrek Menur (Jawa)", Anggrek Wulan (Jawa dan Bali) dan "Anggrek Terbang" (Maluku).
Anggrek bulan memiliki kelopak y
ang lebar dan anggun, termasuk yang mudah merawat tanaman anggrek dan rajin berbunga. Semua bunga bunga tumbuh dari tangkai dari bawah.

 https://apotik1.blogspot.com
20. Anggrek ki aksara (Macodes petola)

pesies-spesies dari genus ini, seiring dengan genera-genera lain yang memiliki daun berwarna seperti Anoectochilus, Eucosia dan Goodyera disebut “Jewel Orchids”. Bisa terlihat bahwa daunnya berwarna hijau sedikit ungu gelap, memiliki urat-urat longitudinal berwarna emas yang berkilau (inflorescence) dan permukaan yang menyerupai beludru.

Anggrek ini membutuhkan kelembaban udara yang tinggi, 50% atau lebih. Media harus cukup lembab tetapi bukan berarti media terlalu basah karena dengan demikian akan muncul masalah akibat bakteri dan jamur dan busuk pada akar. Kamar mandi dengan pertukaran udara yang baik dan sinar matahari tak langsung merupakan kombinasi yang baik. Bila tidak tempatkan dekat jendela yang dapat membawa kelembaban dari luar. Pada cawan pot dapat ditempatkan batu-batuan untuk menciptakan penyangga sehingga air yang keluar dari pot dapat ditampung di cawan kemudian bila teruapkan menciptakan kondisi lembab tanpa takut membusukkan akar tanaman. Jangan membiarkan media hingga kering samasekali, dibutuhkan media yang lembab sepanjang waktu. Sehubungan dengan kebutuhan cahaya, pastikan anggrek ini tidak terkena sinar matahari secara langsung karena akan membakar daun-daunnya.

Adapun manfaat dan kegunqaan tanam anggrek di antaranya :

1. Sebagai penghilang stress
Menurut para ahli kesehatan, membudidayakan bunga anggrek maupun bunga lain sebagai tanaman hias dapat membantu mengurangi tingkat stress pada seseorang. Keindahan dan aroma yang terpancar dari bunga ini dapat meningkatkan efek relaksasi serta memberikan ketenangan dan kedamaian bagi si empunya.

2. Dapat digunakan sebagai tonik panjang umur
Dalam masyarakat Cina, manfaat bunga anggrek khususnya jenis Dendrobium biasa dimanfaatkan sebagai ramuan tonik / teh herbal yang dicampurkan dengan  akar licorice. Dimana tijuan dari mengkonsumsi ramuan herbal tersebut diantaranya adalah :
Untuk mentransmisikan energi penyembuhan ke seluruh bagian tubuh manusia.
Dapat membantu melembabkan dan menyehatkan kulit dan mencegah kekeringan dan kulit bersisik.
Sebagai pelepas dahaga pada saat terjadi polusi karena asap yang menyebabkan paru-paru maupun saluran udara dalam tubuh terasa kering serta meningkatnya rasa haus. Hal ini akan membantu mengatasi dehidrasi.
Dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti tuberkulosis, perut kembung, keringat malam, anoreksia, demam, dan dispepsia secara efektif.
Dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru, ginjal, dan perut.
Dapat mengatasi gangguan sakit perut, kram, serta muntah-muntah
Dapat mengobati gangguan seksual seperti impotensi
Dapat mengobati rasa nyeri pada kaki dan tangan, sakit pinggang, dan arthralgia
Dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan terjadinya infeksi.
Dapat membantu mengatasi gangguan pada penglihatan, seperti infeksi pada mata.

3. Mengatasi gangguan saraf dan fungsi otak
Cypripedium pb. Merupakan salah satu speSies anggrek dimana bagian akarnya mengandung minyak atsiri, resin, tanin, gula, pati, serta komponen lainnya yang berguna dalam penyembuhan berbagai macam gangguan penyakit. Penyakit itu seperti iritabilitas saraf, histeria, kejang, gangguan fungsi otak seperti kegilaan dan delirium.

4. Dapat membantu mengobati sakit gigi dantelinga
Arethusa Bulbosa merupakan salah satu spesies anggrek yang memiliki akar dengan kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan sakit gigi serta penyakit telinga.
5. Menyembuhkan demam dan nyeri sendi
Manfaat bunga anggrek bagi kehidupan manusia terutama jenis Aplestrum hyemale, biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan bisul. Pasta dari daun hootieriana vanda digunakan sebagai tapal panas untuk menyembuhkan nyeri pada sendi.

6. Dapat digunakan sebagai bahan makanan
Dibeberapa negara, bunga anggrek khususnya jenis dendrobium juga dimanfaatkan dalam berbagai olahan makanan, seperti :
Di Thailand dan Singapura bunga anggrek dijadikan sebagai salah satu produk olahan snack yang lezat.
Di Eropa, bunga anggrek dikonsumsi dalam bentuk garnish atau sebagai hiasan pada kue.
Di suku Aborigin, bunga anggrek dijadikan alternative bahan pangan pada saat kondisi darurat.
Di Nepal, bunga anggrek dimanfaatkan sebagai acar.

7. Dapat menghilangkan polusi serta racun diudara
Dengan memelihara bunga anggrek sebagai tanaman hias di rumah, hal ini dipercaya dapat menghilangkan polusi serta efek racun yang terbawa oleh udara. Sehingga menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman.

8. Mencegah terjadinya penuaan dini
Akhir-akhir ini bunga anggrek telah diberdayakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan produk kosmetik. Dimana bunga ini memiliki kemampuan dalam menyimpan air, sehingga menjadikannya panjang umur. Anggrek juga merupakan sejenis tanaman yang mampu memperbarui dirinya sendiri sehingga ia dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.
Ekstrak minyak dari bunga anggrek telah terbukti mampu membantu meremajakan kulit serta membuat kulit terasa lebih kencang, yang pada akhirnya hal ini dapat membantu seseorang untuk mencegah terjadinya penuaan dini.
Karakteristik Tanaman Bunga Anggrek
Selama ini, anggrek telah dikenal sebagai salah satu tanaman hias, ia banyak sekali kita jumpai di rumah-rumah penduduk. Selain indah, bunga anggrek juga memiliki berbagai macam variasi. Di Indonesia, anggrek yang paling terkenal adalah anggrek bulan.
Berikut ini beberapa jenis bunga aggrek yang diklasifikasikan berdasarkan beberapa kriteria :

1.Jenis bunga anggrek berdasarkan tipepertumbuhannya
Jika dilihat dari tipe pertumbuhannya, bunga anggrek dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu :
Monopodial, yaitu jenis anggrek yang tumbuh pada satu batang saja, dan bunganya muncul dari ujung batang. Jenis anggrek ini bisa dibudidayakan dengan biji maupun stek batang. Contoh anggrek monopodial yaitu anggrek bulan (Phalaenopsis sp.) dan vanda sp.
Simpodial, yaitu jenis anggrek yang memiliki titik tumbuh yang lebih dari satu. Bunganya bisa muncul pada ujung, sisi batang, maupun dari akar tinggal. Anggrek ini dapat dikembangbiakkan dengan cara split, maupun dengan bijinya. Contohnya adalah Dendrobium sp. dan Cattleya sp.

2. Jenis Bunga anggrek berdasarkan tempat iatumbuh

Jika dilihat dari tempatnya tumbuh, bunga anggrek juga dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :
Anggrek epifit, yaitu jenis tanaman anggrek yang hidup menumpang pada tanaman lain tanpa merugikan tanaman inangnya tersebut. Contoh : Cattleya sp., Dendrobium sp., Vanda sp. Phalaenopsis sp.
Anggrek terestial, yaitu jenis tanaman anggrek yang hidupnya membutuhkan cahaya matahari secara langsung. Ciontoh : Phaius sp.
Anggrek Saprofit, yaitu jenis tanaman anggrek yang tumbuh pada tempat-tempat yang mengandung humus dan hanya sedikit membutuhkan sinar matahari. Jenis anggrek ini biasanya tidak memiliki daun dan juga klorofil. Contoh : Goodyera sp.
Anggrek Litofit, yaitu jenis anggrek yang tumbuh pada media bebatuan. Anggrek ini sangat tahan terhadap adanya sinar matahari penuh. Contoh : Paphiopedilum sp.
Dari penjelasan diatas, kita bisa mengetahui bahwa selain cantik dan indah, bunga anggrek juga memiliki berbagai keistimewaan lain yang sangat menakjubkan. Bunga Anggrek tidak hanya dikenal karena keindahan yang mereka miliki, akan tetapi juga karena mereka memiliki efek pengobatan yang sangat tinggi. Hal inilah yang mendasari penelitian tentang manfaat anggrek ini, terutama untuk pengobatan tradisional.
                                                                                                      Mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment