Friday 8 September 2017

BAHAYA MAKANAN BERLEMAK YANG BERLEBIHAN

Posted by Unknown on Friday 8 September 2017







kandungan lemak menjadi bagian yang dibutuhkan oleh tubuh, karena lemak memiliki fungsi untuk membantu proses metabolisme dari vitamin yang larut di dalam lemak.
Manfaatnya adalah membentuk komponen utama dari membran sel’’ sehingga salah jika kandungan lemak selalu dinilai negatif, karena terdapat juga manfaatnya jika kadarnya tepat di dalam tubuh. Yang menjadi masalah adalah ketika orang-orang sering mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
karena mengonsumsi asupan lemak secara berlebihan dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi, serangan jantung, dan juga yang sangat mengerikan yaitu kanker.
.
Dan Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh boleh dikonsumsi, tetapi wajib untuk dibatasi (jangan sampai berlebihan mengkonsumsinya).
Adapun jenis lemak yang sangat berbahaya adalah lemak trans, Lemak trans dianggap lebih berbahaya dibandingan dengan lemak jenuh karena pada lemak trans telah mengalami hidrogenasi, yang menjadi pemicu penyakit jantung dan kanker.

lemak trans, seperti gorengan, daging olahan serta jenis makanan lainnya yang dimasak dengan metode digoreng, maka perlu diusahakan agar sejarang mungkin mengonsumsinya, karena sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.
Dimana berlebihan dalam konsumsi lemak tidak sehat berakibat pada banyak bibit-bibit penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh, seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), kanker hati, kanker payudara, kerusakan sistem otak dan saraf, dan obesitas. Masalah obesitas ini dapat memicu penyakit-penyakit lainnya yang berbahaya. lemak juga bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat di wajah,


Lemak  Baik ,
 Yang terdiri dari dua jenis, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Untuk mendapat asupan lemak baik Anda bisa mengonsumsi Seperti alpukat, minyak zaitun, kacang almond, kacang mete, minyak kanola, minyak kacang, ikan tuna, minyak bunga matahari, kacang kedelai.

Manfaat  dari mengkonsumsi lemak baik

Untuk Melindungi Organ Tubuh , perlindungan dari tulang dan rangka, selain itu organ dalam tubuh juga dilindungi oleh lemak.
Dimana sebagian besar bagian tubuh ditutupi (dilindungi) oleh lemak, baik itu lemak tipis ataupun lemak tebal. Kandungan lemak juga berperan untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

Untuk Memberikan Tenaga Bagi Tubuh , Asupan lemak sangat diperlukan bagi tubuh yang nantinya digunakan sebagai simpanan enegi. Dimana selain karbohidrat, lemak juga dimanfaatkan oleh tubuh untuk cadangan energi. 1 gram lemak bisa menghasilkan 9 kalori energi. .

Untuk Mencegah Kadar Kolesterol Tinggi ,Terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Mengkonsumsi asupan lemak sehat bermanfaat untuk mempertahankan kadar HDL, dan mengurangi kadar kolesterol jahat. Hal ini penting guna menghindari terjadinya pembentukan plak di dalam pembuluh darah.

Untuk Membantu Proses Pembentukan Sel , Membran sel adalah bagian yang paling luar dari sel, dimana fungsi membran sel ini adalah untuk melindungi sel. Pembentukan membran sel ini berkat peran dari lapisan lemak, dimana asupan lemak yang Anda konsumsi memiliki manfaat penting dalam membangun sel-sel tubuh.

Untuk Proses Penyerapan Vitamin di dalam Tubuh , Asupan vitamin yang dikonsumsi nantinya saat di dalam tubuh akan larut di dalam lemak. Lemak berfungsi untuk menyerap vitamin, sehingga manfaat kandungan vitamin ini bisa diperoleh manfaatnya oleh tubuh.


-      Menyeimbangkan denyut nadi
-      Menjaga fungsi otak dan sistem saraf
-      Menjaga kesehatan jantung
-      Mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Apun lemak jahat ., Lemak jahat ini menimbulkan masalah bagi kesehatan. Dimana jenis-jenis lemak jahat (tidak sehat) yiatu lemak jenuh dan lemak trans.
Kandungan lemak jahat terdapat pada makanan seperti gorengan (semua jenisnya), minyak sayur, permen, junk food, makanan cepat saji, makanan kemasan, es krim, tepung terigu, keju, daging merah.

Adapun bahaya dari mengonsumsi asupan lemak jahat yaitu , Bisa terjadi Kerusakan Dalam Dinding Arteri ,, Sering mengonsumsi lemak jahat dapat mengakibatkan resiko besar mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi), selain juga memicu resiko kerusakan dinding arteri.


Kerusakan pada arteri juga mengakibatkan dampak buruk pada organ otak dan ginjal. Adapun kondisi kolesterol tinggi memicu penumpukan plak pada arteri ataupun pendarahan pada arteri.

Apabila kondisi ini berlangsung lama, sangat dikhawatirkan dapat terjadi penyumbatan aliran darah, yang kemudian memicu serangan jantung dan stroke.

Kelebihan lemak di dalam tubuh berakibat pada kegemukan (obesitas). Dimana kegemukan yang terjadi, bisa memberikan dampak buruk berupa meningkatkan resiko penyakit diabetes, serangan jantung, dan penyakit serius lainnya.
Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal.

Dapat Meningkatkan resiko kanker
Berlebian dalam mengkonsumsi makanan berlemak, dan secara umum memiliki pola makan yang buruk, hal ini bisa memicu resiko kanker. Beberapa jenis penyakit kanker yang muncul akibat berlebihan dalam konsumsi asupan lemak, yaitu kanker empedu, kanker usus dan ginjal.

Bisa Kolesterol Tinggi
Mengkonsumsi makanan berlemak berakibat pada meningkatnya kadar kolesterol jahat, hal ini memicu masalah seperti penyempitan pembuluh darah, kerusakan arteri, penumpukan plak di dalam pembuluh darah dan penyakit jantung.

Bisa merusakkan Organ Otak
Bahaya dari mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh, dimana kandungan lemak jenuh menyebabkan kerusakan pada bagian hipotalamus, itu adalah bagian otak yang berfungsi mengontrol keseimbangan energi.

Membuat Gangguan Pencernaan
Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan bisa memicu timbulnya penyakit sembelit. Hal itu karena makanan berlemak memerlukan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa dicerna oleh organ pencernaan.


Cara mengatasinya timbunan lemak jahat di dalam tubuh


Rutin Melakukan Olahraga , Hal yang penting dilakukan dalam mengatasi timbunan lemak di dalam tubuh, seperti yang sangat efektif yaitu rajin berolahraga..
Gunakan Metode Memasak Yang Rendah Lemak , Makanan yang dikukus sebenarnya jauh lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng. Hal itu karena makanan yang dikukus tidak terkena minyak. Sehingga makanan yang dikukus menjadi lebih sehat.
Adapun makanan yang digoreng maka kandungan minyak di dalamnya memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh

Konsumsi Asupan Serat  , Dimana kandungan serat yang tinggi pada makanan berfungsi untuk menyusutkan lemak pada perut, disamping itu kandungan serat akan membuat tubuh merasa kenyang, sehingga Kamu akan terhindari dari makan yang berlebihan.

Konsumsi Asupan Protein , Protein juga memiliki fungsi yang salah satunya untuk memperpanjang rasa kenyang. Karena kandungan protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna.

salah satu makanan sumber protein yang sangat baik yaitu telur. Selain itu, makanan kaya protein yaitu buncis, kacang merah, kacang panjang, kacang polong.

                                                                                    Mochtadin si beted


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment