Sunday 3 September 2017

AGAMA AGAM DI INDONESIA BESERTA PENJELASAN HARI BESAR

Posted by Unknown on Sunday 3 September 2017

AGAMA AGAM DI INDONESIA BESERTA PENJELASAN HARI BESAR

Agama adalah prinsip kepercayaan pada tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban- kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan itu .
Agam- agama yang di akui di Indonesia yaitu

AGAMA ISLAM
1
Nama kitab suci
Al-quran
2
Nama penyebar
Nabi mukhammad SAW
3
Permulaan
Kuarang lebih 1400 tahun yang lalu
4
Nama tempat beribadatan
Masjid
5
Hari – hari besar ke agamaan
Muharram , asyura , maulud nabi , isra’mi’raj , , idul fitri , tahun baru hijrah



-     bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah. Bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai Syahrullah (Bulan Allah)
-     asyura berarti kesepuluh. Hari ini menjadi terkenal karena bagi kalangan Syi'ah dan sebagian Sufi merupakan hari berkabungnya atas kesyahidan Husain bin Ali, cucu dari Nabi Islam Muhammad pada Pertempuran Karbala tahun 61 H (680)
-     Maulid Nabi Muhammad adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awaldalam penanggalan Hijriyah
-     Isra dan Mikraj merupakan dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad diberangkatkan" oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi'raj Nabi Muhammad dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi
-     Hari Raya Idul Fitri. Makna Idul Fitri itu sendiri memiliki beberapa pengertian dan pemaknaan, diantaranya yaitu:
Idul Fitri juga bisa diartikan sebagai puncak atau klimaks dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
Idul Fitri sendiri memiliki keterkaitan makna dengan tujuan akhir yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa.
Idul Fitri secara bahasa atau etimologi bisa berarti Hari Raya Kesucian atau bisa juga diartikan sebagai Hari Kemenangan umat Islam. Kemenangan disini adalah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan fitrah
-    Tahun baru Islam (tahun baru hijrah )  adalah perubahan tahun didalam kalender Islam berlandaskan pada perhitungan bulan.


Tahun baru Islam dihitung sejak mulai Nabi Muhammad SAW pindah dari Mekkah ke Madinah. Oleh karena itu juga lah penanggalan didalam kalender Islam disebut yaitu Hijriyah


AGAMA KRISTEN PROTESTAN DAN KATOLIK
1
Nama kitab suci
Injil
2
Nama penyebar
Isa al masih / yesus kristus
3
Permulaan
Kurang lebih  2.000 yang lalu
4
Nama tempat beribadatan
Gereja
5
Hari besar ke agamaan
Natal , jumat agung , pasakah , kenaikan isa al masih , pante kosta



-    Natal (dari bahasa Portugis yang berarti "kelahiran") adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus.
-     Jumat Agung adalah Hari Jumat sebelum Minggu Paskah, hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatNya di Golgota. Hari kematian itu sendiri tidak dicatat jelas di Alkitab. Ada yang menduga jatuh pada hari Rabu, tetapi lebih banyak yang menempatkan pada hari Jumat.
-     Paskah adalah hari raya umat Kristiani yang merayakan kebangkitan Yesus. Kitab Injil berkata bahwa Yesus mati di kayu salib pada hari Jumat Agung dan hidup kembali tiga hari kemudian.
-    Kenaikan Yesus Kristus ( isa al masih  ) adalah peristiwa yang terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, di mana disaksikan oleh murid-murid-Nya, Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan, seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen.
-     pante kosta atau Minggu Putih adalah hari raya Kristiani yang memperingati peristiwa dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem, yang terjadi 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus.
AGAMA HINDU
1
Nama kitab suci
Weda
2
Nama penyebar
Santana dharma
3
Permulaan
Masa pra sejarah
4
Nama tempat beribadatan
Pura
5
Hari besar ke agamaan
Nyepi , saraswati , pagerwesi , galungan , kuningan



-    Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.
-    Saraswati adalah dewi yang dipuja dalam agama weda. NamaSaraswati tercantum dalam Regweda dan juga dalam sastra Purana (kumpulan ajaran dan mitologi Hindu). Ia adalah dewi ilmu pengetahuan dan seni. Saraswati juga dipuja sebagai dewi kebijaksanaan.
-     Hari Raya Pagerwesi jatuh setiap Rabu Kliwon wuku Sinta. Hari ini dirayakan untuk memuliakan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Sanghyang Pramesti Guru (Tuhan sebagai guru alam semesta).
-     Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).
-     Hari raya Kuningan adalah hari raya yang dirayakan umat Hindu Dharma di Bali. Perayaan ini jatuh padahari Saniscara (Sabtu), Kliwon, wuku Kuningan. Hariraya ini dilaksanakan setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali.
AGAMA BUDHA
1
Nama kitab suci
Tri  pitaka
2
Nama penyebar
Sidarta Gautama
3
Permulaan
Kurang lebih 2.500 tahun lalu
4
Nama tempat beribadatan
Vihara
5
Hari besar ke agamaan
Waisak , katina



-     Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.
-  Hari raya Kathina merupakan salah satu hari raya dalam Agama Buddha.
-     Perayaan hari Kathina diadakan sebagai ungkapan perasaan terima kasih umat Buddha kepada anggota Sangha yang telah menjalankan masa vassa selama tiga bulan di daerah mereka.
Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).
-    Hari raya Kuningan adalah hari raya yang dirayakan umat Hindu Dharma di Bali. Perayaan ini jatuh padahari Saniscara (Sabtu), Kliwon, wuku Kuningan. Hariraya ini dilaksanakan setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali.
KONG HUCU
1
Nama kitab suci
Wu Jhing  , shing shu
2
Nama penyebar
Kong hu cu
3
 5 abad sebelum masehi
4
Nama tempat beribadatan

5
Hari besar ke agamaan




Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment