Sunday 3 September 2017

Khasiat , manfaat Daging Belut Bagi Kesehatan Serta Efek Sampingnya

Posted by Unknown on Sunday 3 September 2017

Khasiat , manfaat Daging Belut Bagi Kesehatan Serta Efek Sampingnya

Hewan yang hidup di daerah tropis ini diketahui mempunyai sisik sedikit, mampu bernafas di dalam udara, tekstur yang cenderung licin, mempunyai sirip ekor yang memanjang dan tidak memiliki tulang rusuk. Belut termasuk di dalam kelompok ikan dan saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat di pedesaan. Belut sendiri memiliki kadar kandungan gizi sebesar ikan laut.
Terdapat dua jenis belut yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu belut sawah dan belut rawa. Jika anda ingin mengkonsumsi belut yang banyak dagingnya, maka pilihlah belut sawah.

Kandungan gizi pada daging belut
Kandungan protein yang cukup tinggi, mineral, vitamin dan juga lemak pada belut sama halnya seperti kandungan pada manfaat ikan laut, karena belut diketahui merupakan bagian dari jenis ikan laut.
Berikut ini adalah tabel kandungan gizi dalam belut yang tidak kalah menyehatkan daripad jenis daging lainnya :
Zat Gizi
Belut
Kalori (cal)
303
Protein (gr)
14
Lemak (gr)
27
Karbohidrat (g)
0
Fospor (mg)
200
Kalsium (mg)
20
Zat besi (mg)
20
Vitamin A (SI)
1600
Vitamin B (mg)
0,1
Vitamin C (mg)
2
Air (gr)
58

elut dapat juga berfungsi sebagai indikator terpenting yang dipergunakan untuk mendeteksi terjadinya pencemaran lingkungan atau penurunan kualitas air yang cukup parah, dimana belut lebih suka bertelur di air yang dangkal dengan lingkungan yang tampak seperti kotor.

1.      Fosfor
menghindari atau meminimalisir dari terjadinya pengeroposan pada tulang anak - anak atau orang dewasa yang dikenal dengan istilah dokter adalah osteoporosis.

2. Zat Besi
Manfaat zat besi bagi tubuh manusia adalah berfungsi untuk mencegah anemia. Zat besi yang kurang pada tubuh akan mempengaruhi pembentukan zat - zat hemoglobin pada sel darah sehingga kurang mampu mensuplai oksigen ke seluruh tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh terganggu, sangat tepat untuk mengkonsumsi belut ini.

3. Kalori
Kalori yang terkandung dalam belut ampuh buat asupan kalori yang tinggi dan membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk mampu melakukan aktivitas di dalam kehidupan sehari - hari. Hal ini bisa anda terapkan apabila menyandingkan masakan belut dengan sepiring nasi yang mempunyai banyak karbohidrat.

4. Kaya Vitamin
Belut juga bagus untuk menjaga kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormone serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak terutama anak - anak. Sehingga ampuh buat menurunkan resiko terkena pembekuan darah pada otak dan merupakan manfaat vitamin Bterbesar pada belut. Selain itu, manfaat vitamin A mencapai 1600 SI ada pada daging belut yang bermanfaat bagi pertumbuhan, kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.\

5. Arginin (asam amino )
Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan saat ini paling ditakuti, termasuk penyakit payudara. Penyakit yang sangat ditakuti oleh kebanyakan wanita ini bisa dicegah dengan cara menyantap belut dimana di dalam daging belut ada kandungan arginin yang berfungsi bagus untuk melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara. Dan bagi anda yang sangat perduli akan kesehatan jantung, maka sebaiknya anda mengkonsumsi belut, karena dengan mengkonsumsi belut maka bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Adapun manfaat manfaat lain dari belut yaitu untuk”:

1. Memperkuat tulang

Untuk segala usia, konsumsi rutin daging ikan berbentuk gilig ini bagus untuk memperkuat tulang. Bahkan bisa memberikan cadangan kalsium di tubuh sehingga terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulangdll.

2. Mencegah anemia

kandungan zat besi yang cukup tinggi pada belut. zat besi merupakan penyusun utama senyawa kompleks hemoglobin sehingga pembentukan sel-sel darah bisa terus terjadi.

3. Sebagai sumber energi

Kalori yang terdapat di dalam daging belut cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi yang cukup untuk beraktifitas sehari-hari.
4.untuk kesehatan mata
Belut mengandung vitamin A yang bisa langsung diserap oleh tubuh.. Berbeda dengan vitamin A yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang masih berbentuk beta karoten yang masih perlu diolah lebih lanjut.
5. Ber fungsi untuk jaringan syaraf
Kandungan omega 3 dalam daging cukup tinggi sehingga bagus untuk mengaktifkan berbagai fungsi jaringan syaraf. bagus juga dikonsumsi oleh anak-anak untuk perkembangan otaknya.
6. Untuk membantu  pembentukan protein
Khasiat daging belut mampu menambah protein dalam tubuh sebagai zat pembangun sehingga proses regenerasi sel-sel yang rusak bisa lebih cepatdalam proses pembentukan kembali.
7. Menganalisir  tekanan darah
Walau belum ada penelitian ilmiah yang sahih, pengalaman orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi mampu diturunkan ke angka kisaran normal dengan mengkonsumsi belut.
8. Membantu sistem reproduksi
Kabar gembira bagi kaum adam dan hawa yang ingin segera memperoleh momongan karena konsumsi daging sejenis ikan berbentuk gilig ini mendukung sistem reproduksi. Mampu menyuburkan rahim dan membuat sel-sel sperma sehat.
9. untuk pencegahan  stroke
Sudah lama diketahui, orang-orang yang rutin konsumsi ikan, organ jantung mereka lebih sehat. Termasuk juga konsumsi belut yang memang termasuk jenis ikan.
10. Untuk Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker
Kandungan arginin dalam daging belut cukup tinggi. Arginin ini bermanfaat sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Dan sangat bagus di konsumsi oleh perempuan guna mencegah terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker payudara.
11. Untuk Mengaktifkan hormon-hormon dalam tubuh
Belut mengandung nutrisi tinggi kandung an Nutrisi di dalam belut dibutuhkan oleh tubuh untuk mengaktifkan berbagai macam hormon supaya metabolisme dalam tubuh menjadi lancar.
12. untuk Menurunkan resiko penyempitan pembuluh darah
Adanya zat antioksidan seperti vitamin C dan mineral membuat kadar kolesterol dalam darah seimbang. Dan guna menekan jumlah kolesterol jahat.
13. Untuk menurunkan resiko terkena pembekuan darah di otak
Kandungan zata besi yang terdapat di dalamnya mampu mencegah terjadinya koagulasi atau pembekuan darah pada pembuluh-pembuluh kapiler di otak.
14. Untuk Meningkatkan vitalitas pada kaum pria
Mengkonsumsi daging belut bisa melenyapkan rasa lelah sekaligus menambah vitalitas bagi tubuh kita.
15. Mempermudah proses persalinan
Dalam masyarakat masih mempercayai akan keampuhan belut untuk  melancarkan proses persalinan. Caranya tinggal mengkonsumsinya menjadi aneka masakan atau menelan sedikit pucuk dari ekor belut .
Efek Samping Daging Belut
Meskipun memiliki segudang manfaat tersebut di atas, daging belut ternyata mempunyai efek samping. Bagi anda yang mengidap kolesterol, hindari untuk mengkonsumsi belut secara berlebihan. daging belut ternyata banyak mengandung lemak yang tinggi.
Cara Pengolahan Daging Belut Yang Sehat
Jika ingin mengkonsumsi belut maka anda jangan takut akan asam lemak dan kolesterolnya yang tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi belut dengan cara dipanggang. Komposisi asam lemak dan kolesterol yang diolah dengan cara dipanggang ini mempunyai resiko yang kecil terhadap tumpukan kolesterol jahat karena proses pembakaran daging belut mampu menghilangkan sebagian kandungan lemak yang terkandung pada belut,


Berbeda dengan pengolahan belut dengan cara di goreng, belut yang digoreng dengan memakai minyak justru akan membuat minyak yang ada pada belut bertambah besar karena kadar lemaknya yang tidak mencair secara sempurna di dalam belut.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment