Friday 23 June 2017

APA ITU VARISES , PENCEGAHAN DAN PENGOBATANNYA

Posted by Unknown on Friday 23 June 2017

APA ITU VARISES , PENCEGAHAN DAN PENGOBATANNYA
Varises adalah pembesaran atau pelebaran pembuluh darah vena yang terletak tepat di bawah permukaan kulit (vena superfisial) biasanya terjadi pada kaki. Selain itu juga dapat terjadi pada vena esofagus (kerongkongan) disebut varises esofagus, kantung buah zakar, vagina, bagian anus (wasir), bawah lidah (sublingual), dan lain-lain.
Bersumber dari: Varises - Mediskus. Pengertian dari vena sendiri ialah pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung.

Varises sendiri ternyata bukan hal yang berbahaya. Memang, varises yang dibiarkan begitu saja bisa membuat kaki menjadi lebih mudah bengkak, kram, atau bahkan terasa berat untuk berjalan. Namun, sangat kecil kemungkinan masalah varises ini menjadi masalah kesehatan yang berbahaya. Tahukah anda, varises ternyata bisa disebabkan oleh faktor keturunan
Jika anda ingin mencegah varises agar tidak terjadi pada kaki anda, maka cara pertama yang harus anda lakukan tentu adalah dengan melakukan olahraga dengan teratur. Olahraga rutin bisa membuat otot menjadi lebih kuat dan mampu mendukung kinerja vena sehingga terciptanya varises. Jika anda sudah terlanjur memiliki varises, maka olahraga juga bisa membuat banyak darah mengalir kembali ke organ jantung karena adanya konstraksi pada otot-otot paha, tungkai, dan juga bokong. 

Olahraga layaknya berjalan, bersepeda, berenang, hingga senam aerobik bisa dilakukan untuk kebutuhan ini.
Salah satu penyebab varises adalah berat badan yang berlebihan sehingga pembuluh vena pun terbebani dengan banyaknya darah yang harus dialirkan melaluinya.. Cobalah untuk mengambil jeda dan meluruskan kaki dan setidaknya berjalan-jalan sejenak agar aliran darah pun menjadi lancar dan varises pun akan tidak mudah datang.

Penyebab Varises
. Penyebab varises diperkirakan bahwa dinding pembuluh darah menjadi lemah pada beberapa bagian. Bagian ini kemudian melebar dan menjadi lebih menonjol. Jika ini terjadi di dekat katup maka katup dapat menjadi bocor dan darah bisa mengalir balik. Setelah ini terjadi di salah satu katup ada tekanan ekstra pada vena sehingga dapat menyebabkan pelebaran vena yang semakin parah dan kebocoran katup yang lebih parah juga. Darah kemudian mengumpul pada vena membesar dan membuatnya menonjol. Varises lebih banyak terjadi pada perempuan daripada laki-laki.

Di dalam vena terdapat katup yang memiliki fungsi untuk mencegah terja dinya arus balik pada aliran darah.Jika katup tersebut tidak berfungsi dengan baik atau terjadi gangguan, maka dapat mengakibatkan kembalinya aliran darah yang mengalir tadi.Jika aliran darah kembali maka darah akan berkumpul di pembuluh darah vena dan hal ini akan berdampak pada pembengkakan pembuluh vena dan menimbulkan penyakit varises.
Faktor yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada pembuluh vena yaitu usia, jenis kelamin, genetika, obesitas, terlalu lama berdiri, kehamilan, dan faktor kesehatan lain.

Gejala Varises
Penyakit varises biasa ditandai dengan gatal-gatal dan bengkak ringan pada bagian betis hingga pergelangan kaki, bagian kaki terkadang terasa berat, serta sedikit nyeri dan hangat.
Penyakit varises dapat dilihat secara kasat mata yakni berupa perubahan warna serta terjadi pembengkakan pada pembuluh vena.
Ciri-ciri fisik yang bisa dilihat, yakni berupa perubahan warna yang berwarna biru atau ungu tua dan pembengkakan

Pencegahan
Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah serta membantu agar berat badan tetap ideal, karena obesitas merupakan salah satu faktor terjadinya varises.

Pengobatan
Cara alami pengobatan varises ialah dengan menggunakan bawang putih sebagai ramuan alami untuk mengobati penyakit varises.

Caranya siapkan 12 siung buah bawang putih yang masih segar, jeruk nipis, dan minyak zaitun.Kupas bersih kulit bawang putih, setelah dikupas cuci dan iris tipis-tipis bawang putih tersebut.Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dengan 4 sendok makan minyak zaitun, diamkan selama 1 jam kemudian aduk hingga rata dan tercampur semua.Pakailah obat alami tersebut untuk memijat pada bagian yang mengalami varises, lakukan selama 15 menit.Jika ingin pengobatan varises secara alami ini memberikan hasil yang maksimal, kita dapat melakukannya secara rutin pada malam hari sebelum tidur.
                                                                                                                        Mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment