Saturday 17 June 2017

Manfaat dari buah maja

Posted by Unknown on Saturday 17 June 2017

Manfaat dari buah maja

Pernah melihat buah maja ,Buah maja merupakan sebuah tanaman yang banyak kita jumpai. Rasa dari buah ini bukan hanya pahit saja, tetapi ada juga yang memiliki rasa manis seperti Bilwa (Aegle Marmelos) Sebutan lain adalah maja bael. Jenis buah ini berbentuk lonjong dengan ukurannya hanya sekitar 5-12cm katanya daging buah ini rasanya manis , tapi saya sendiri belum pernah melihat dan merasakannya. Meskipun begitu, buah ini memiliki manfaat dan juga khasiat yang sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini juga bisa anda tanam pada pekarangan rumah. Tumbuhan ini bisa beradaptasi pada suhu yang sangatlah panas mencapai 49 derajat, kemudian untuk dingin -7 derajat celcius.Buah ini telah dipercaya memiliki kandungan yang sangatlah baik sekali bagi kesehatan karena kandungannya. Sebutan lain dari pohon ini adalah bernuk, calabash tree, huingo, krabasi, dan kalebas. Kulit buah maja berwarna hijau segar sedangkan daging buahnya tidak enak dimakan Berbicara tentang kandungan yang ada pada buah ini sangatlah banyak sekali. Kandungan yang ada seperti vitamin C(Untuk maja bael) ,karoten, niasin, protein, karbohidrat, lemak, kumarin, steroid, alkkaloid dan juga minyak. Lalu apa saja manfaat dari buah maja ini.

Karoten adalah pigmen berwarna dominan merah-jingga yang ditemukan secara alami pada tumbuhan dan buah-buahan.
vitamin B3 atau niasin adalah dikenal juga dengan asam nikotinat yaitu senyawa organik yang merupakan salah satu dari banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B3 atau niasin merupakan salah satu dari 5 vitamin yang mana jika tubuh kekurangannya akan mengalami dampak penyakit. 
Protein (asal kata protos dari bahasa Yunani yang berarti "yang paling utama") adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida.
Karbohidrat ('hidrat dari karbon'), hidrat arang, atau sakarida (dari bahasa Yunani σάκχαρον, sákcharon, berarti "gula") adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidratsendiri terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen.
Lemak (bahasa Inggris: fat) merujuk pada sekelompok besar molekul-molekul alam yang terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen meliputi asam lemak, malam, sterol, vitamin-vitamin yang larut di dalam lemak.
Kumarin merupakan senyawa metabolit sekunder berupa minyak atsiri yang terbentuk terutama dari turunan glukosa nonatsiri saat penuaan atau pelukaan.
Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Senyawa yang termasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. Pada umunya steroidberfungsi sebagai hormon.
Alkaloid adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tetumbuhan.
 berikut manfaat dan khasiat dari buah maja.

Meredakan lambung yang bengkak

Jika anda mengalami pembengkakan pada lambung anda, bisa juga anda atasi dengan buah maja ini. Caranya anda bisa menyeduh akar dari maja ini dengan segelas air hangat, mengonsumsi air ini nantinya bisa mengatasi lambung anda yang telah bengkak.

Membantu menyembuhkan luka

Tanaman ini telah memiliki sifat antibiotik, Caranya anda bisa mengambil akar buah ataupun daun maja, selanjutnya silahkan anda tumbuk hingga lembut  lalu silahkan anda balurkan pada luka anda berguna untuk mencegah infeksi.

Mengobati gatal pada kulit

Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengonsumsi buah maja yang segar dalam bentuk olahan seperti obat luar  Dan  bisa juga melumatkan daunnya lalu campurkan dengan sirih dan juga kapur sirih. Selanjutnya silahkan anda gosokkan pasta tersebut pada kulit anda yang menurut anda terasa gatal.

Mengatasi sembelit( maja bael )

Sembelit merupakan sesuatu hal yang telah terjadi karena kurangnya asupan serta selain itu juga terkadang karena pola makan yang kurang sehat. Cara untuk mengatasi gangguan ini, anda bisa mengonsumsi buah maja ( maja bael )dengan rutin setiap hari.

Menurunkan demam

Akar dari buah maja juga dapat mengobati demam panas yang telah terjadi pada orang dewasa ataupun anak-anak. Caranya anda bisa menyeduh akarnya bersama segelas air panas, selanjutnya silahkan anda tunggu airnya hingga dingin. Kemudian silahkan anda minum untuk mengatasi demam.

Melembutkan kulit

Buah maja maja bael ini memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri memiliki fungsi yang bisa menjaga elastisitas dari kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi tetap bersinar dan lembut. Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

meregenerasi sel kulit

Nutrisi dari buah ini memiliki gizi yang memiliki peran dalam meregenerasi sel tubuh selain itu juga akan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi pada jaringan kulit yang telah disebabkan oleh radikal bebas.

Mencerahkan kulit


Kandungan vitamin C yang ada pada buah maja memiliki peranan penting untuk merahkan kulit tubuh ataupun wajah. Jadi jika anda ingin memiliki kulit yang sehat dan cerah.anda bisa mengonsumsi buah ini secara rutin.




                                                                                          by ; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment