Friday 16 June 2017

manfaat,kegunaan dan pentingnya air bagi tubuh

Posted by Unknown on Friday 16 June 2017

 Pentingnya air untuk tubuh kita
 Pentingnya air untuk tubuh kita


 
Gambar terkait
AIR adalah suatu benda yang tidak padat tapi cair hampir semua mahluk banyak membutuhkan  , di bidang pertanian ,maupun di bidang kesehatan air selalu di butuhkan.

Dan yang di maksud pembahasan disini adalah air putih yang bersih untuk di konsumsi tubuh kita serta manfaat dan kegunaanya:

Manfaat Air Putih Untuk kesehatan memang sangat banyak, air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun. Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air Putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan
Hasil gambar untuk manfaat air putih 
Setiap hari anda selalu bernafas, mengeluarkan energi, buang air kecil dan buang air besar dan bahkan secara rutin setiap hari ada atau tidak ada aktivitas. Dan ini semuanya adalah hasil dari manfaat air putih yang anda minum. Oleh sebab itu, tubuh memerlukan pasokan air yang cukup setiap harinya. Agar organ vital dalam tubuh anda dapat berfungsi dengan baik, dan racun yang ada didalam tubuh tidak mengendap dan segera dikeluarkan dalam bentuk keringat, urine dan kotoran lainnya.

mengungkapkan bahwa kebutuhan asupan air orang dewasa pria antara 3 liter atau setara dengan 13 gelas (cangkir), sedangkan untuk wanita dewasa antara 2.2 liter setara dengan 9 gelas (cangkir) setiap harinya.

hal ini bukanlah patokan yang pasti, karena sebenarnya kebutuhan air pada tubuh manusia itu berbeda-beda,  Ada beberapa tingkat :

Penghilang Dehidrasi dan Haus
Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih? tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi
               
Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh
Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan.

Mengkontrol Kalori serta Menurunkan Berat Badan
Apa hubungan kalori, berat badan, dan minum air putih yang banyak,Bahwa terdapat hubungan antara konsumsi air putih dengan penurunan berat badan.
penyebabnya coba lah minum air sebelum makan, air akan membantu orang merasa kenyang, dan dalam makan anda berbeda dengan jika anda minum air sesudah makan.

Meningkatkan Energi
Apa yang terjadi jika anda tidak mengkonsumsi air yang cukup, terlebih saat olahraga,efek pertama yang dirasakan tentu adalah lelah. Otot yang kekurangan air tidak akan dapat bekerja optimal yang menyebabkan terjadinya kelelahan

Membantu Mengeluarkan Racun
Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air.padahal kedua proses ini adalah salah satu mekanisme yang jarang kta fikirkan bahwa dalam hal ini membantu menghilangkan racun dalam tubuh kita. Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.Minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan jerawat. Konsumsi air ini dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah
Menjaga Fungsi Ginjal
Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal, Penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci senjata utamanya dan Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga
Mengembalikan Mood
Sedang stress atau tidak mood terhadap suatu pekerjaan, masalah masalah lain cobalah minum segelas air putih yang dapat membantu anda mengembalikan mood dan kembali segar.
Mengingkatkan Fungsi Otak
Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.
Dalam Aktivitas Sehari sehari
Setiap orang memiliki kegiatan dan aktivitas yang tidak sama. Para atlit atau olahragawan lebih banyak mengeluarkan keringat, sehingga terkadang jumlah liter air yang diminumnya lebih banyak dari pada mereka yang aktivitasnya duduk di kursi atau pegawai kantoran.
Begitu pula dengan mereka yang kerja kasar atau buruh di panasan, mereka lebih rentan dan banyak membutuhkan air untuk diminum setiap harinya.

Iklim Dan Cuaca Tempat Tinggal.
Faktor iklim juga sangat mempengaruhi kebutuhan asupan air pada tubuh manusia. orang yang tinggal di iklim panas, tentu akan lebih cepat merasa haus dan banyak minum air putih dibanding mereka yang tinggal pada iklim dingin.


Kondisi Tubuh.
Orang yang sakit terkadang lebih banyak membutuhkan minum air putih, dibanding dengan orang yang sehat. Ini dimaksudkan untuk mengganti cairan yang keluar lebih banyak dibandingkan orang yang sehat

Ada pun Faktor Lain.
Tentunya masih ada fakor lain yang dapat mempengaruhi seseorang untuk lebih banyak minum air putih, atau membutuhkan minum air putih. bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui juga terkadang banyak membutuhkannya. Karena ibu hamil dan menyusui lebih banyak mengeluarkan cairan dari tubuhnya.
Ternyata bukan hanya membantu menjaga kesehatan tubuh, pada sebuah penelitian menunjukkan orang yang cukup asupan air atau cukup minum air putih  akan terlihat lebih awet muda dibanding dengan mereka yang kurang minum air.
Setiap sistem anggota tubuh kita membutuhkan air agar berjalan dengan baik dan normal, seperti kulit pada tubuh kita juga membutuhkan asupan air. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan menjadi lebih kusam dan tampak kering. Itu sebabnya air sangat penting bagi tubuh manusia.

Andapun harus menyeimbabangkan asupan air putih , fitamin serta asumsi makanan penunjang dalam tubuh kita .

                                                                                                             by; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment