Sunday 18 June 2017

mencangkok tanaman

Posted by Unknown on Sunday 18 June 2017


mencangkok tanaman

mencangkok tanaman

Mencangkok tanaman di bilang suatu pekerjaan yang mudah tapi perlu ketelatenan , kenapa dibilang perlu ketelatenan karena perlu kesabaran dari memulai memilih ranting pohon yang kita cangkok , sampai perawatan dan penyiraman.
Dalam mencangkok tanaman ,kita harus terlebih dahulu mengetahui jenis tanaman yang akan kita cangkok.tanaman yang bisa di cangkok pada umumnya adalah tanaman yang ber kambium dan ber biji dikotil ( biji berbelah dua ) fungsi dan ke untungan mencangkok adalah mndapatkan hasil atau buah daripohon yang berukuran kecil dan kualitas hasilnya samama dengan pohon yang tidak di cangkok.
Kekurangan dari mencangkok adalah pohon tersebut tidak memiliki akar tunggang yang berfungsi mengokang pohon setelah pohon tumbuh besar.

 mencangkok tanaman

Yang di maksut Memilih ranting disini ialah memilih ranting yang segar  tidak layu dan ranting yang di lihat tidak muda atau ranting yang baru tumbuh melainkan ranting yang sudah agak lama tumbuhnya dari batang pohon serta ranting yang kuat.
Yang d maksut Perawatan setelah proses pencangkokan kita lihat apakah cangkokan  tidak di tempati semut atau serangga dan sejenisnya jika emang di tempati semut perlu kita bersihkan semut itu dari cangkokan.
Penyiraman , sirami cangkokan setidaknya 2 atau 3 kali dalam sehari pagi , siang dan sore
.


Yang perlu di persiapkan 
-          Serabut kelap
-          Tanah yang sudah dicampur dengan unsur hara ( pupuk kandang )
-          Pisau
-          Air dan siapkan pengikat tali Rafia.

Proses dalam pencangkokan .. kita bikin ruas sekitar 10 cm pada batang pohon dan kelupaslah kulit patang phon tersebut .
Kemudian setelah itu diamkan beberapa saat 1 atau 2 untuk mengikiskan kemungkinan kambium yang masih melekat dan atau hingga getah mongering sesudah itu bungkus guratan tadi kasih tanah yang sudah di campur unsur hara( sudah di campur pupuk kandang )  kemudian bungkus dengan serabut kelapa lalu ikat dengan tali raffia, bisa juga dengan plastic yang sudah di kasih lobang gunanya untuk masuknya siraman air dan keluarnya air dari cangkokan tersebut jika tidak di lobangi pengendapan air yang tidak bias keluar akan mengakibatkan kebusukan pada batang pohon yang kita cangkok.

                                                                                                               Mochtadin si beted


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment