Monday 12 June 2017

Cara merawat sepeda dan pembersihkan sepeda

Posted by Unknown on Monday 12 June 2017




Cara merawat sepeda dan pembersihkan  sepeda


Gambar terkaitPerawatan sepeda secara rutin bisa memperpanjang usianya dan membuat Anda tidak perlu khawatir terlalu sering untuk memperbaiki kerusakan pada sepeda jika dalam situasi bersepeda  anda merasa nyaman dan tidak merasa ter bebani untuk kerusakan karena anda sering merawat dan mebersihan sepeda anda serta merasa senang melihat sepeda anda bersih dan terawat .

Untuk membersihkan sepeda, Anda membutuhkan:

  • -Ember berisi air hangat yang dicampur sabun cuci piring cair
  • -Gemuk atau pelumas sepeda
  • -Cairan pembersih rantai sepeda
  • -Sarung tangan karet
  • -Kain lap
  • -Sikat berbulu kaku

Menurut saran para ahli, sepeda perlu dicuci dan rantainya perlu dilumasi setiap kali selesai digunakan,kebanyakan di antara kita beranggapan bahwa sepeda memang sewajarnya agak kotor. Namun, lumpur pada bodi dan rantai sepeda bisa berujung pada masalah yang lebih serius dan bahkan kerusakan parah. Membersihkan sepeda tidak perlu dibuat rumit dan juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Berikut ini beberapa tips dan perlengkapan yang wajib dimiliki setiap pengendara sepeda.

Membersihkan kerangka 


Membersihkan kerangka sepeda bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Anda bahkan tidak membutuhkan produk khusus'' Cukup siapkan ember berisi air hangat yang dicampur sabun cuci piring cair. Untuk airnya, semakin panas semakin baik, untuk lebih dan kenyaman anda jadi jangan lupa mengenakan sarung tangan karet guna melindungi tangan Anda. Sedangkan untuk pilihan sabun cuci piring, semakin banyak buih semakin baik, jadi aduk campurannya secara merata. Pakai kain lap untuk mengelap seluruh bagian kerangka sepeda. Air panas ampuh membersihkan bagian-bagian yang berminyak, sedangkan sabun mampu menghancurkan lumpur dan kotoran sehingga membuatnya lebih mudah diseka.guyur dengan air bersih dengan rata dan samapi hilang busa yang nempel pada sepeda , sebelum di pakek biarkan hingga kering dulu lebih efisien dan bagus gunakan lap kanebo untuk mengeringkan lebih cepat dan tak dad tetesan noda air.
Membersihkan rantai sepeda 
Hasil gambar untuk perawatan rantai sepeda
rantai sepeda pun perlu juga perawatan dan pembersihan agar tidak karatan dan putus ,Rantai sepeda memang agak sulit dirawat karena membutuhkan pelumas dan cairan pembersih rantai sepeda. Kedua perlengkapan ini wajib dimiliki untuk menjaga agar rantai sepeda Anda tidak mudah macet. Berikut ini panduan membersihkan rantai sepeda agar dapat berfungsi baik:
  • -Semprot rantai sepeda dengan air guna melepaskan kotoran, lumpur, dan debu yang menempel. Jangan gunakan selang air bertekanan terlalu tinggi agar tidak melepas komponen-komponen lain.
  • -Setel rantai sepeda bagian depan ke gigi tertinggi dan bagian belakang ke gigi terendah sehingga Anda lebih leluasa membersihkannya.
  • -Gunakan air panas untuk menggosok rantainya dengan bantuan sikat berbulu agak kakusikat gigi yang bulunya masih tegak dapat dipakai. Pastikan Anda membersihkan seluruh kaitan rantai.
  • -Oleskan atau semprotkan cairan pembersih rantai sepeda hingga mengenai seluruh kaitannya. Cairan ini akan menghilangkan sisa-sisa pelumas kotor yang tidak bisa dihilangkan campuran air sabun.
  • -Setelah rantai bersih dan kering, oleskan pelumas agar rantai dapat berputar lancar. Rantai sepeda yang kekurangan pelumas akan mudah berkarat. Sebaliknya, rantai yang kelebihan pelumas akan lebih mudah menarik kotoran. Oleh karena itu, baca dan ikuti rekomendasi takaran pada kemasan 
  • Gambar terkait
  •  
  • SEBELUM SAUDARA MENGENDARAI SEPEDA ,cek juga rem baut , scrup pada setiap bagian sepeda apakah benar benar tidak ada kekendoran pada setiap baut atau mur sehingga dalam saudara mengendari terasa lebih nyaman tidak takut dengan kerusakan mendadak saat sepeda kita lajukan dengan kencang.


                                                                                                                   by ; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment