Monday 12 June 2017

mengenal toge dan manfaat kegunaannya

Posted by Unknown on Monday 12 June 2017


         mengenal toge dan manfaat kegunaannya


Gambar terkaitdalam kehidupan kita siapa yang tak mengenal toge apalagi orang dewasa dan belum tentu semua mengenal dan mengetahui manfaat manfaat dari togek yang kita kenal seringnya kegunaannya hanya sebagai pelengkap sayuran dalam sebuah masakan .
Toge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai kandungan gizi sebagai manfaat toge, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah risikonya untuk kesehatan.

Umumnya di kawasan Asia, termasuk Indonesia, toge dibuat dari kacang hijau. Meski ada pula toge yang terbuat dari kacang kedelai. Umumnya, proses kacang menjadi toge diperlukan waktu sekitar satu minggu.
Gambar terkait

Dibalik Manfaat Toge_kenali manfaat dan cara mengonsumsinya - alodokter

Memecah dan meningkatkan nutrisi
Seorang ahli gizi menuturkan, proses pertumbuhan biji menjadi  toge (sprouting) merupakan proses memecah bentuk biji-bijian. Ahli gizi lain menyebutkan, proses tersebut juga berarti meringankan kerja sistem percernaan dalam tubuh sekaligus membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc yang terkandung di dalam toge.
Itu sebabnya toge bisa menjadi pilihan tepat untuk yang mengalami gangguan pencernaan, ataupun yang memiliki reaksi sensitivitas terhadap biji-bijian.

Selain memecah bentuknya, proses sprouting juga dapat meningkatkan kadar asam amino lisin yang dikandung biji asal toge, menurut sebuah studi. Peningkatan lain adalah jumlah serat kasar hingga hampir dua kali lipat pada toge berusia 5 hari.

Selain itu, sprouting tampaknya juga memicu peningkatan asam lemak esensial, kelompok vitamin B, Vitamin E, dan karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Sprouting diduga turut meningkatkan efektivitas mineral yang dikandung biji toge.

Hindari Konsumsi Toge Mentah
Toge biasa ditumis, menjadi pelengkap isian spring roll, ataupun dimasak dengan microwave.  Nyatanya, toge memang disarankan untuk disajikan setelah dimasak.
Gambar terkaitToge yang dijual dipasaran, memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella. Infeksi yang disebabkannya dapat menimbulkan gejala sakit perut, diare, sakit kepala, pusing, muntah, dan demam. Selain itu, ada pula risiko toge terkena bakteri Eschericia coli yang juga dapat menyebabkan infeksi.

Kemungkinan hal itu disebabkan pemilihan biji yang kurang higienis, sanitasi yang kurang baik, ataupun terkontaminasi saat proses sprouting. Selain itu, kondisi hangat dan lembap selama proses perubahan kacang menjadi toge juga dapat membantu bakteri tetap hidup.

Untuk mengonsumsi toge secara aman, lakukan hal-hal sebagai berikut.

Cium bau toge yang akan Anda beli. Jika toge masih segar, seharusnya tidak berbau. Hindari jika timbul bau tak sedap dari toge.
Segera masukkan toge ke kulkas atau lemari pendingin. Namun, simpan terpisah toge mentah dari sayur lain, untuk menghindari kontaminasi.
hindari pengkomsusian togek terlalu masak . lebih bagus hanya di rendam dengan air mendidih atau air panas.


adapun manfaat toge dan kandungan nutrisi

Manfaat tadalah memberikan kesuburan bagi pasangan suami istri yang ingin mendapatkan keturunan dengan cepat. Tidak heran banyak pasangan baru yang mengkonsumsi sayuran toge selama proses ‘produksi.Manfaat tauge memang terdapat pada kandungan nutrisinya yang banyak digunakan olah tubuh. Penggunaan tauge dalam masakan ini setidaknya menyumbangkan vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan tubuh. Pada tauge terdapat kandungan vitamin E, vitamin C dan protein yang cukup tinggi. Selain ketiga zat tersebut, tauge juga memiliki beberapa kandungan lain seperti vitamin K, dan asam folat yang sudah tentu baik untuk kesehatan.
Berbagai kandungan nutrisi yang kaya terdapat pada tauge ini membuatnya ikut andil dalam memberikan manfaatnya untuk kesehatan, seperti berikut ini :
a. Meningkatkan kesuburan pria
Toge memiliki kandungan vitamin E dan proteinnya yang sangat tinggi, kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pria karena berbagai hormon pria dapat dihasilkan dengan rangsangan saat mengkonsumsi tauge. 
b. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Di balik penampilannya yang kecil, pada tauge telah ditemukan beberapa senyawa yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah saponin. Senyawa tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan pada tubuh kita. di dalamnya tersebut juga memiliki fungsi hampir serupa, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari – hari dan mempercepat proses regenerasi atau penyembuhan pada sel.
c. Baik Untuk Pembentukan Otot
Kandungan protein yang sangat tinggi dalam toge sangat penting untuk peningkatan massa otot dan membantu selama proses pembentukan otot dalam tubuh.
d. Sangat baik untuk sistem pencernaan
Ketika ditanya apakah zat yang paling baik untuk pencernaan, jawabannya pasti SERAT. Serat merupakan kandungan yang terdapat pada berbagai sayuran dan buah buahan, termasuk di dalamnya adalah toge. Dengan konsumsi cukup serat maka akan sangat baik untuk pencernaan.
e. Menurunkan berat badan
Sama seperti fungsi serat dalam buah-buahan dan sayuran lainnya yaitu menurunkan berat badan. Serat adalah satu dari sekian banyak nutrisi yang sangat baik untuk mencegah kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka anda dapat menurunkan berat badan secara signifikan.
f. Mencegah Anemia
Toge memiliki kandungan asam folat yang sangat baik untuk memproduksi asam amino dan sel darah merah. Produksi sel darah merah yang stabil sangat membantu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah.
g. Sayuran murah untuk meningkatkan seluruh fungsi tubuh
Toge merupakan salah satu sayuran yang sangat murah meriah yang tersedia setiap hari di pasaran atau tukang sayur. Tauge memiliki ratusan enzim yang sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh manusia. Enzim merupakan salah satu zat yang membantu tubuh memanfaatkan vitamin dan menyerap serta memprosesnya dalam tubuh untuk membantu berbagai sel dan sistem tubuh lainnya.
h. Baik untuk pencegah diabetes
Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk diabetes, sayuran ini sangat rendah kandungan kalorinya. Serat dalam kandungan toge sangat baik untuk penderita diabetes sehingga anda aman mengkonsumsinya dalam bentuk hidangan apapun
i.  Mencegah penyakit Kanker
Tauge mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah terjadi kanker dan memperlambat proses penuaan.
j. Mencegah Osteoporosis atau penuaan 
Selain mengandung antioksidan, tauge juga mengandung estorgen alami, dimana estorgen ini berfungsi untuk menguatkan tulang,struktur tulang, dan juga menghentikan pembusukan pada tulang.

k. Mencegah serangan jantung dan stroke

Peningkatan kadar lemak dalam darah dapat memicu peningkatan resiko serangan jantung maupun stroke pada seseorang. Kandungan saponin dalam manfaat toge untuk kesehatan dipercaya dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Untuk itu, bagi orang-orang yang berpotensi mendapatkan serangan jantung dan stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi toge
l. Mencegah Osteoporosis

Kandungan estrogen alami yang terdapat dalam toge memiliki sifat dan fungsi yang sama dengan estrogen sintetis, akan tetapi estrogen alami tidak memiliki efek samping. Hal ini dapat diartikan bahwa kandungan estrogen dalam toge dapat membantu proses kepadatan tulang, menjaga struktur tulang, serta mencegah tulang mengalami kebusukan atau keropos secara signifikan.
m. Meningkatkan kesuburan dan memper banyak sperma
Beberapa kalangan masyarakat telah mempercayai bahwa dengan manfaat toge untuk kesuburan, akan membantu dalam meningkatkan kualitas sperma pada pria. Hal ini berarti bahwa toge dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan.
n. Membantu menurunkan berat badan
Dalam toge hanya sebagian kecil atau bahkan nyaris tidak terdapat lemak sama sekali.dalam hal ini bahwa toge merupakan salah satu bahan makanan yang layak dikonsumsi untuk membantu dalam program penurunan berat badan atau yang pada umum nya di sebut DIET. Hal ini juga erat kaitannya dengan penurunan resiko terjangkitnya diabetes tipe 2 yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.
O. Sangat baik untuk kulit
Selain dalam dunia kesehatan, toge ternyata juga memiliki berbagai macam manfaat bagi dunia kecantikan, terutama dalam perawatan kulit. Kandungan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan yang terdapat dalam toge dipercaya mampu membantu dalam proses peremajaan kulit. Selain itu, hal ini juga dapat menjadikan kulit lebih halus dan mulus.
P. Mengatasi jerawat
Mengkonsumsi toge segar juga dipercaya mampu untuk mengobati eksim. Selain itu, hal ini dapat juga menunjukkan hasil yang ajaib pada penderita gangguan jerawat. Dimana  jerawat dapat diatasi secara alami tanpa memerlukan biaya perawatan yang mahal. Kecambah mengandung manfaat omega 3 yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta menurunkan risiko timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya seperti gatal, scaling dan eritema.
adapun manfaat lainnya  dari tauge seperti:

·         - Mempercantik Kulit
·         - Gangguan Menstruasi dan Menapouse
·         - Menghilangkan Racun
·         - Mengatasi Sembelit
·         - Untuk Kesehatan Kuku dan Rambut
·         - Menurunkan Resiko Cacat Lahir
·         - Mengatasi Stress dan Kelelahan


Toge juga dikenal sebagai sayuran yang kaya akan manfaat oksigen, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, membunuh bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam 1 mangkuk atau sekitar 104 gram toge segar :
  • Energi : 23 kkal
  • Protein : 2.9 gram
  • Lemak : 0.2 gram
  • Karbohidrat : 4.1 gram
  • Kalsium : 29 mg
  • Fosfor : 69 mg
  • Zat Besi : 1 mg
  • Vitamin A : 10 IU
  • Vitamin B1 : 0.07 mg
  • Vitamin C : 15 mg
  • Air : 92.4 gram
Setelah melihat kandungan gizi yang cukup melimpah dari toge, maka kita bisa tahu bahwa banyak sekalimanfaat sayuran ini bagi kesehatan tubuh kita


                                                     by ; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment