Friday 16 June 2017

KHASIAT DI BALIK TANAMAN JARAK

Posted by Unknown on Friday 16 June 2017


DI BALIK TANAMAN  JARAK
KHASIAT DI BALIK TANAMAN  JARAK

Jarak (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu


Daun jarak  memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satu khasiat tanaman ini yang diketahui oleh banyak orang misalnya sebagai obat luka. Tanaman obat ini memiliki nama lain seperti daun yodium, balacai batai, atau jarak tintir. Kini, daun jarak cina banyak dikembangkan di seluruh penjuru dunia, disebabkan sifat farmakologis yang ada di dalamnya. Padahal, tumbuhan ini tersebar di sekitar kita. Sangat ironis jika anda tidak mengetahui manfaatnya. Ciri-ciri pohon yodium atau jarak cina Nama ilmiah dari jarak cina atau jarak gurita adalah Jatropha multifida L. Tanaman semak ini dapat hidup bertahun-tahun, dan tinggi pohon mencapai 2 meter atau lebih. Akarnya tunggang dan batang pohonnya bulat. Seluruh bagian tanaman ini mengandung getah, terutama daun dan tangkainya. Daun jarak cina berbentuk malai atau mirip jari tangan dengan ujung lancip dan berwarna hijau. Bunga majemuk keluar dari ujung cabang tanaman, dengan warna merah. Bunga ini memiliki 8 benang sari dan 3 putik. Bentuk kepala sari mirip dengan tapak kuda.




Sedangkan biji jarak cina mengalami perubahan warna dari putih saat muda, menjadi coklat ketika biji telah tua. Bentuk biji ini cenderung oval.
Daun jarak cina mengandung sejumlah zat kimia seperti sitosterol, a-amirin, stigmaterol, kampesterol, dan HCN.
Batang pohonnya mengandung tannin, alkkaloid, flavanoid, dan saponin. Akarnya mengandung karbohidrat, senyawa fenolik, dan glikosida.
Zat fitokimia juga ditemukan dalam tanaman ini, seperti multifolone, multifidone, multidione, labaditin, multifidol, biobellein, dsb. Di balik rasa daunnya yang pahit, jarak cina mempunyai efek farmakologis seperti hemostatik (menghentikan pendarahan), penurun panas, anti-mikroba, dan anti-peradangan.

Jika Anda mengalami susah buang air besar, petik 4 helai daun jarak pagar yang segar. Cuci bersih, kemudian kukus hingga layu dan di makan daunnya yang sudah di kukus.
lakukan selama 7 hari berturut–turut atau sampai penyakit sembelitnya berkurang atau hilang.

Jarak adalah salah satu buah yang tumbuh di Indonesia, yang memiliki banyak manfaat, dalam bahasa ilmiah Jarak disebut dengan sebutan Ricinus Communis , jarak adalah tumbuhan liar yang tumbuh dihutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai.

Mengapa Jarak diberi nama Ricinus Communis karena,  pada bagian biji buah jarak memiliki zat Ricin, yaitu sejenis zat beracun yang mematikan. Pohon jarak, memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai pengahasil minyak atau bahan bakar, yang terdapat pada bagian bijinya yang mengandung getah ricin, terutama untuk pohon jarak pagar dan Jarak wulung yang  bijinya mengandung banyak getah dibandingkan dengan dua pohon jarak lainnya., hanya pohon jarak pagar yang dapat bermanfaat bagi kesehatan
Manfaat daun jarak memang sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tanaman herbal.
Maka dari itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup itu, dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Karena tanaman ini memiliki manfaat menyeluruh dari daun, buah sampai bijinya.

Saat ini banyak penelitian tentang minyak jarak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Tentu saja hal ini masih perlu kajian lebih lanjut untuk dapat menggantikan posisi barang tambang, minyak yang masih sangat dibutuhkan.

Manfaat Daun Jarak Untuk Pengobatan
Selain dikembangkan menjadi bahan bakar, daun jarak telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

SEPERTI

1. Mengatasi susah buang air besar

Daun jarak yang masih segar, kemudian kukus dan dapat dimakan sebagai lalapan pada makanan anda. Hal ini efektif sekali untuk melancarkan BAB.

2. Menurunkan panas pada bayi

ambil 2 sampai 3 helai daun jarak yan sudah bersih. kemudian olesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas api kompor 2 menit sampai panas terasa merata. Letakkan daun pada perut dan punngung bayi agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi Penting untuk menurunkan panas bayi:

3. Mengobati Kurap

Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.
Caranya : Cuci daun jarak dalam air dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan.
Terapkan di atas kulit yang terkena dampak dan tutup dengan kain katun.
Tunggu hingga semalaman, sebelum di buka.
lakukan sampai kurap sembuh sepenuhnya.

4. Membuat Gede Alat Vital
Mungkin salah satu yang di cari para pria untuk meningkatkan ‘kepercayaan diri, daun jarak telah dipercaya dapat membantu masalah ini.

Cara Penggunaan:

Ambil 10 lembar daun jarak
Sediakan 1 buah jeruk nipis.
Sediakan minyak zaitun secukupnya.
Tumbuk daun jarak bersama dengan buah jeruk nipis hingga menyatu
Lakukan pemijatan alat vital dengan minyak zaitun terlebih dahulu sehingga hangat.
Lakukan pemijatan dengan ramuan daun jarak yang telah di aduk halus dengan jeruk nipis.
Ramuan ini dapat dipakai untuk 3 kali pemijatan.

5. Ampuh mengobati Rematik
perlu di pertimbangkan dan sangat efisien dalam penggunaan daun jarak sebagai pengobatan tradisional.

Cara Penggunaan :

Sediakan 5-9 lembar daun jarak
Tumbuk halus dicampurkan dengan air hangat (sedikit)
Oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti exim
Lakukan 3 x sehari.
Penting untuk penyakit rematik:

6. Mengobati luka sayat

Senyawa flavonoida dan tannin yang terdapat di dalam daun jarak cina efektif untuk melawan infeksi staphylococcus aureus dan mempercepat pengeringan luka gores.
Hal ini disebabkan karena sifat antimikroba dari kedua senyawa tersebut.

Cara menggunakannya
patahkan ujung tangkai daun ini hingga getahnya keluar. Oleskan getah ini pada yang luka .

7. Mengobati memarterkilir, dan tulang patah

Anti-inflamasi yang terdapat dalam daun jarak cina berguna untuk mengatasi bengkak, memar, pada bagian tubuh kita

Cara membuat ramuan:
petik 9 lembar daun jarak cina, kemudian tumbuk hingga lumat. Campur dengan sedikit air, balurkan pada bagian tubuh yang bermasalah.

8. Meredakan radang sendi dan pegal linu

Caranya, siapkan beberap lembar daun jarak cina kemudian tumbuk untuk mendapatkan getahnya. Tambahkan dengan minyak atsiri, untuk membuka pori-pori kulit anda sehingga getah tananam dapat meresap lebih dalam. Balurkan campuran ini pada persendian yang bermasalah.

9. Mengobati sakit gigi

Rasa sakit dan nyeri akibat gigi berlubang tentu sangat menyiksa penderita. untuk mengatasi sakit gigi secara alami, gunakan cara tradisional.
Tumbuk atau giling biji jarak cina hingga halus, kemudian seduh dengan segelas air panas. Setelah airnya agak dingin, berkumur dengannya selama sekitar 5 menit. Lakukan pengobatan ini dengan rutin di pagi, siang, dan malam hari.

Biji jarak dapat digunakan juga sebagai pengganti bahan bakar minyak.

10. Keputihan pada lidah bayi

Pada bayi yang sedang menyusui, biasanya terdapat keputihan yang menempel pada langit-langit lidah. Hal ini menyebabkan sang bayi enggan untuk menyusui dan berat badannya cenderung naik. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan getah daun jarak  Biasanya daun jarak yang baru dipetik akan mengeluarkan getah pada tangkai daunnya. Oleskan getah itu pada lidah bayi dan keputihan akan keluar bersama air liur.

11. Obat Sariawan

Patahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik, akan ada sedikit getah yang keluar. Getah itulah yang langsung dioelskan di bibir yang sedang sariawan. Bila getah belum keluar, pencet sedikit di ujung tangkainya (Ditjenbun, 2007).

12. Perut Kembung dan Masuk angin

Bila bayi tiba-tiba mencret dan perutnya kembung akibat masuk angin, ambillah beberapa lembar daun jarak pagar yang tua. Kemudian disiangi di atas nyala api biar agak layu dan diolesi minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Setelah itu ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

13. Jika Anda mengalami susah buang air besar.

petik 4 helai daun jarak pagar yang segar. Cuci bersih, kemudian kukus hingga layu dan di makan daunnya yang sudah di kukus.

lakukan selama 7 hari berturut–turut atau sampai penyakit sembelitnya berkurang atau hilang.



Jika menderita kram iritasi usus, maag, diverticulitis, wasir, radang usus, prolapses, atau baru saja menjalani operasi, kemungkinan harus benar-benar menghindari minyak jarak. Meskipun minyak jarak telah digunakan secara tradisional untuk membantu merangsang persalinan pada wanita hamil yang sehat, namun ditemukan rasa mual-mual yang dialami olehnya.
ada pun efek Samping Daun Jarak

Efek samping utama tanaman jarak ini ada pada minyaknya terhadap kategori reaksi kulit dan gangguan pencernaan. Minyak jarak dipecah oleh usus kecil yang menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritan ke lapisan usus Anda. Efek ini adalah apa yang memberi kemampuan minyak jarak untuk sembelit-tetapi juga alasan ketidaknyamanan pencernaan, diare, dan efek samping gastrointestinal lainnya.
serta getah jarak juga bisa mengakibatkan alergi gatal pada kulit yang sensitif.


Jarak adalah salah satu buah yang tumbuh di Indonesia, yang memiliki banyak manfaat, dalam bahasa ilmiah Jarak disebut dengan sebutan Ricinus Communis , jarak adalah tumbuhan liar yang tumbuh dihutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai.  
Mengapa Jarak diberi nama Ricinus Communis karena,  pada bagian biji buah jarak memiliki zat Ricin, yaitu sejenis zat beracun yang mematikan. Pohon jarak, memiliki banyak manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai pengahasil minyak atau bahan bakar, yang terdapat pada bagian bijinya yang mengandung getah ricin, terutama untuk pohon jarak pagar dan Jarak wulung yang  bijinya mengandung banyak getah dibandingkan dengan dua pohon jarak lainnya., hanya pohon jarak pagar yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

                                                                                                               by ; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment