Wednesday 28 June 2017

situs Siti inggil ( makam brawijaya I )

Posted by Unknown on Wednesday 28 June 2017


Siti inggil

Gambar terkait

Gambar terkait 

Situs Siti Inggil berada di Dusun Kedungwulan, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan. Fisik situs berupa sisa pondasi sebuah bangunan kuno. Oleh penduduk sekitar bangunan ini dianggap keramat, sehingga di atasnya dibangun semacam sanggar pemujaan yang di dalamnya diyakini sebagai makam Raden Wijaya. Di lokasi Siti Inggil juga terdapat sumur yang airnya dianggap mengandung berkah. Sebuah pendopo dibangun tepat di depan sanggar pemujaan. Dilengkapi pula dengan musholla dan sebuah bangunan yang disebut dengan sanggar gundul.

Situs Siti Inggil banyak dikunjungi peziarah khususnya pada malam Jumat Legi dan pada bulan Suro.

pemakaman Siti Inggil..( atau orang penduduk asli Kedungwulan, Desa Bejijong mengatakan lemah geneng ,diartikan tanah yang tinggi ) konon cerita merupakan sebuah tempat persinggahan di mana pada waktu itu usai upagara ngaben  dan konon cerita ngaben mayat raden brawijaya yang di adakan di candi brahu yang di mana pada waktu itu ,para punggawa kerajaan majapahit membawa abu mayat dari prabu brawijaya.

ADapun fersi lain mengatakan bahwa makam siti inngil adalah makam dan tempat pertapaan dari Raja I kerajaan Majapahit bernama Raden Wijaya.
di depan makam Raden Wijaya akan kita dapati makam yang di sebut sebagai makam para selir-selir dari raden brawijaya 1.dan di luar dekat pandopo siti inggil ada 2 makam tempat  bersemayamnya Kyai Sapu Jagad dan Kyai Sapu Angin dan di area parkiran dekat pandapa utama ada sebuah makam yang konon cerita makam itu makam masih keturunan para wali . Bila kita jeli dan mengamati makam Raden Wijaya akan kita temukan keanehan, karena di makam ini sangat khas dan kental dengan nuansa Islam, sedangkan kita semua mengetahui bahwa Raden Wijaya adalah seorang Raja yang memegang teguh agama Hindhu.
bersemayamnya atau tempat di makamkannya Raja Raden Wijaya 1. Siti Inggil hanya berfungsi sebagai petilasan atau pertapaan Raden Wijaya, karena mempunyai kemampuan spiritual yang tinggi yang konon bahwa makam siti inngil atau makam brawijaya 1 . Raden Wijaya di percaya Mukso, dalam terminologi Jawa Mukso dapat diartikan hilang tanpa bekas, meninggal tanpa meninggalkan jenazah atau tubuh, semuanya masih tetap menjadi misteri sampai saat ini.

Bicara tentang Mojokerto pasti tak lepas dari image Kerajaan Mojopahit. Kerajaan besar jaman dahulu yang hampir menguasai semua Asia Tenggara. Kerajaan Mojopahit sendiri sebenarnya didirikan oleh seorang pria keturunan Kerajaan Singosari yang bernama Raden Wijaya. Pada tanggal 15 bulan Kartika tahun 1215 Saka atau kalau dalam tanggal masehi tepat 12 November 1293.

Sejak itu lha Kerajaan Mojopahit mulai dikenal, Kerajaan Mojopahit sendiri mengalami masa keemasan saat berada di tampuk kekuasaan Hayam Wuruk dengan Mahapatihnya yang terkenal yaitu Mahapatih Gajah Mada. Nah di tempat wisata sejarah ini, konon adalah tempat petilasan dan juga makam Raja Pendiri Kerajaan Mojopahit yaitu Raden Wijaya 1. Situs makan ini bernama “Siti Inggil”.
                                                                                                                        Mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment