Tuesday 13 June 2017

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

Posted by Unknown on Tuesday 13 June 2017


Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

1.Mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh

Pada saat berpuasa, kebutuhan tubuh akan vitamin menjadi semakin meningkat. Tubuh akan lebih memerlukan beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin D, dan vitamin E.


vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini bertujuan agar tubuh tidak mudah sakit.


Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium serta mineral penting yang juga dapat menjaga kesehatan tubuh seseorang.


Sedangkan vitamin E berfungsi menjaga kelembaban kulit agar kulit tetap lembab pada saat berpuasa seharian, selain itu ia juga berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.


2.Mencukupi kebutuhan protein pada tubuh


Pada saat berpuasa, Anda juga harus memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh Anda. Ketika kebutuhan protein dalam tubuh tercukupi, suplai energi dalam tubuh dapat tercukupi secara berkla walaupun sedang berpuasa. Hal ini karena protein dicerta oleh tubuh secara perlahan.


Protein yang terdapat dalam tubuh juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, otot, dan juga dapat membangun jaringan tulang rawan.


Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi sayur mayur, telur, atau kacang-kacangan pada saat sahur dan berbuka.


3.Mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh


Selain kebutuhan serta protein, Anda juga perlu memerhatikan asupan mineral dalam tu7buh saat berpuasa. Penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh, karena mineral juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.


Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa. Karena kandungan kalsium yang terdapat dalam makanan atau minuman dapat mencegah tubuh agar tidak lemas dan lesu, serta dapat mencegah penurunan daya tahan tubuh.


Orang dewasa memerlukan jumlah kalsium sebanyak 1000 mg setiap harinya. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan ataupun minuman yang banyak mengandung kalsium pasa saat makan sahur maupun berbuka puasa.


4.Istirahat cukup


Salah satu tips menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa di bulan ramadhan yaitu dengan cukup istirahat. Di bulan ramadhan, biasanya seseorang beraktifitas di siang hari dan beribadah di malam hari.


Meskipun demikian, Anda juga harus memerhatikan pola istirahat yang baik sehingga kebutuhan istirahat tubuh Anda tercukupi. Dengan istirahat yang cukup, makan daya tahan tubuh Anda tidak akan menurun


5.Berolahraga secara rutin


Cara ini juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda pada saat berpuasa. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan di pagi hari setelah sholat subuh. Jika Anda bermalas-malas untuk melakukan olahraga, hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda.


6.Menjaga kebersihan makanan


Pada saat berbuka puasa, biasanya seseorang tidak tanggung-tanggung dalam melahap makanan yang ada di hadapannya. Tak jarang mereka mengabaikan kebersihan yang mereka santap saat berbuka puasa.


Hal ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Anda perlu memperhatikan maknanan yang akan Anda santap, untuk memastikan apakan makanan tersebut bersih, higienis, dan telah dimasak dengan benar.


7. Mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh


Meskipun berpuasa, Anda juga harus memerhatikan menu makan sahur serta berbuka Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan ataupun minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada saat berpuasa.


Makanan serta minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh antara lain madu, yogurt, bawang putih, ikan berlemak, teh, kacang-kacangan, gandum, buah-buahan serta sayur mayur.


Meskipun berpuasa, Anda juga harus harus memerhatikan pola makan dan menerapkan pola hidup sehat. Sehingga ibadah puasa Anda di bulan Ramadhan dapat dilaksanakan dengan lancar.


Demikian beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa di bulan Ramadhan. semoga bermanfaat bagi Anda yang tengah menjalankan ibadah puasa.





Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment