Monday 12 June 2017

Kegunaan Manfaat Daun Binahong serta Khasiatnya

Posted by Unknown on Monday 12 June 2017


Kegunaan Manfaat Daun Binahong serta Khasiatnya



Manfaat daun binahong tidak pernah bohong. Banyak yang sudah membuktikannya bagi yang paham dengan khasiat alias manfaat daun binahong ini. Sekarang masalahnya, maukah kita mengetahui manfaat daun binahong.
Daun binahong memiliki nama latin Bassela Rubra Linn. Tanaman satu ini memiliki bentuk daun yang melengkung dengan serta per tumbuhannya yang merambat.
Tanaman satu ini dapat hidup di mana saja. Tanaman ini bisa hidup di dataran rendah, dan juga dataran tinggi. Bagi kita yang tertarik menanam nantinya bisa dengan mudah memetik hasilnya. Tanaman satu ini lumrah ditemukan di Cina, madagaskar, dan Korea. Demikian pula dengan Indonesia. Banyaknya tanaman ini sungguh sangat disayangkan apabila tidak dipergunakan dengan baik. Apalagi di beberapa negara, semisal Cina, daun binahong sudah sangat biasa digunakan untuk obat dalam bentuk teh sedari dulu.

Daun binahong punya dua manfaat besar bagi tubuh manusia.
Daun binahong dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat kecantikan dan juga kesehatan. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki protein tinggi, anti mikroba, saponin, asam arkobat, dan total fenol. Kandungan-kandungan ini membantu kita dengan banyak penyakit.

Mikroba endofit adalah
mikroba yang hidup di dalam jaringan tanaman pada periode tertentu dan mampu hidup dengan
membentuk koloni dalam jaringan tanaman tanpa membahayakan inangnya.
Saponin adalah
senyawa yang mempunyai sifat seperti sabun, merupakan senyawa
aktif permukaan yang kuat, yang menimbulkan busa jika dikocok dalam air dan pada
konsentrasi rendah sering menyebabkan hemolisis sel darah merah.

A. Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan
Manfaat daun binahong untuk kecantikan berfokus pada kulit wajah. Kulit wajah manusia memiliki banyak sekali kendala. Salah satu kendala yang paling mengesalkan terkhusus untuk remaja adalah masalah jerawat. Daun binahong memiliki manfaat emas tentang hal ini. Khasiat daun binahong dapat merontokkan (menghilangkan) jerawat. Hal ini juga termasuk jerawat batu yang membandel dan suka memerah serta menyebabkan bopeng pada wajah.

Cara agar kita bisa memuluskan kulit wajah dengan daun binahong adalah
dengan cara menghaluskannya daun binahong serta menggunakan di wajah yang berjerawat. Selain itu bisa juga di rebus. Hasil air rebusan yang sudah mendingin digunakan untuk mencuci wajah sehingga pori-pori kencang.
Rebusan daun binahong untuk kecantikan juga bagus dengan cara meminum air rebusan binahong. sehingga wajah akan terlihat cantik berseri. untuk perawatan memakai daun binahong jauh dari asupan bahan kiamiawi. Khususnya untuk kaum Hawa yang sangat peduli akan kecantikan dan kemulusan wajahnya.

B. Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan
Daun binahong memiliki manfaat untuk kesehatan yang banyak sekali jenisnya. Inilah yang menyebabkan di Cina daun binahong dapat dikatakan popular digunakan. Beragam penyakit diatasi dengan manfaat daun binahong.
Mari kita sebutkan banyak di antaranya seperti:


Banyaknya dari manfaat daun binahong ini tentu saja sangat panjang jika dibahas semuanya. Beberapa akan dibahas seperti:

Mengatasi Gangguan Maag
Maag adalah penyakit yang amat menganggu aktivitas manusia sehari-hari. Sehari-harinya dengan banyaknya pergerakan, dibutuhkan tubuh yang fit. Cara mendapatkan tubuh fit adalah dengan menjaga kantong nasi tetap terjaga sehingga kita dengan mudah dapat melahap berbagai makanan. Sayangnya, jika terkena maag, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sakit dan justru menganggu kegiatan.

Pada kasusnya yang parah, bagi penderita sakit maag bisa mengalami opname dan juga mengeluarkan keringat dingin. Penting sekali mengatasi maag ini. Salah satu cara mengatasinya dengan daun binahongsebagai berikut Daun binahong direbus dan kemudian setelah cukup dingin, air rebusan daun binahong diminum. Air rebusan harus diminum rutin. Ketika sudah diminum rutin, niscaya gangguan maag akan berkurang.
Meredakan Kolesterol
Ketakutan terbesar orang hari ini salah satunya adalah masalah kolestrol. Kolestrol yang terlalu tinggi akan menganggu peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar jelas akan menyebabkan penumpukan. Penumpukkan kolesterol ini lambat laun akan mengundang banyak penyakit. Manfaat Daun binahong dengan senyawanya yang kuat bisa mengurangi alias meredakan kolesterol. Caranya sederhana sekali. Cukup rebus beberapa lembar daunnya dengan air secukupnya. Air rebusan yang dirasa sudah cukup susut dan kental dengan esens daun binahong tinggal diminum saja setelah cukup dingin.

Mengurangi Asam Urat 

Asam urat yang dihasilkan tubuh ternyata bisa berlebihan dan menumpuk di sendi. Setelah menumpuk di sendi, ini akan menganggu aktivitas kita lambat laun. Semakin lama dibiarkan, akan emmbentuk kristal yang menyebabkan kelumpuhan jangka panjang. Tentu hal ini tidak boleh dibiarkan bagitu saja. Cara utama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan daun binahong.
Daun binahong yang sudah dipetik digunakan dalam rebusan. Air rebusan ditunggu susut setelah daun binahong dimasukkan. Setelah cukup dingin, minumlah si air rebusan. Peminuman tidak bisa langsung menyembuhkan atau mengurangi asam urat jika hanya sekali atau tidak rutin. Maka dari itu, sangat penting meminum daun binahong secara rutin agar manfaatnya untuk kesehatan bisa terasa.

Kencing manis : gunakan sebelas lembar daun binahong yang direbus, lalu minum rebusan airnya setiap hari
Sesak nafas : rebus tujuh lembar daun binahong, kemudian minum setiap hari sekali
Menstabilkan tekanan darah (tekanan darah rendah) : rebus delapan lembar daun binahong, air rebusannya diminum setiap hari
Batuk yang menyebabkan muntah darah : rebus sepuluh lembar daun binahong, dan minum rebusannya setiap hari
Penyakit paru-paru : gunakan sepuluh lembar daun binahong direbus, dan minum air rebusan binahong
setiap hari

Adapun manfaatnya sebagai berikut

Membantu menyembuhkan diabetes (kencing manis)
Meringankan sesak napas
Membantu memulihkan stamina
Mempercepat penyembuhan luka
Mengatasi pembekuan darah dan peradangan
Memulihkan memar
Mencegah stroke
Mengurangi arthritis
Mencegah asam urat
Ambien (wasir)
Gangguan sakit kepala
Mengobati Gatal-gatal
Menjaga sistem kekebalan tubuh
Pembengkakan usus
Hidung Mimisan
Masalah kesehatan setelah operasi dan melahirkan




manfaat daun binahong Telah banyak penelitian yang dilakukan, namun penelitian baru-baru ini daun binahong mengandung zat antioksidan flavonoid dan senyawa lainnya.
Zat antioksidan : Mampu menagkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker. Mengkonsumsi daun binahong, dapat menurunkan resiko kanker seperti juga pada manfaat daun sirsak atau manfaat kulit manggis.
Zat alkoloid : Diantaranya lagi adalah zat alkoloid yang umum digunakan pada penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Saponin : Lain lagi dengan senyawa saponin yang memberikan penurunan terhadap kadar kolesterol yang menyehatkan jantung. Berbagai macam manfaat dan binahong inilah, yang banyak menjadikan daun bunahong untuk alternatif penobatan berbagai penyakit.


Pengobatan alternatif ini, harus dilakukan dengan rutin namun juga harus terus meminum manfaat air putih untuk menyeimbangkan kadar rebusan daun binahong pada tubuh.

Selain diguanakn sebagai media pengobatan, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kulit, seperti berikut :

Mengobati luka berdarah. Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan selama luka jika luka masih dalam kondisi basah.
Mengobati jerawat. Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Tambahkan manfaat madu secukupnya, untuk menambah rasa.
Obat Luar. Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.
Menjaga Kesehatan Wajah. Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-7 binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur.
Manfaat Umbi Binahong

Selain daun, umbi atau tanaman rimpang binahong juga memiliki sifat obat. Caranya, ambil rimpang (umbi) secukupnya, dicuci, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diambil 2-3 kali sehari. Ramuan ini untuk menyembuhkan, bisul, tifus, disentri, menjaga kebugaran fisik (ditambah manfaat kuning telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

Efek Samping dari Daun Binahong

Ramuan yang mengandung efedrin yang disebut ephedra terkait dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian. Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus diambil dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Jangan gunakan binahong dengan stimulan lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola. Bagi ibu hamil dan menyusui daun binahong tidak aman, maka jangan gunakan. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dada (angina)lebih buruk karena merangsang hati.  Jangan gunakan jika memiliki masalah angina.


                                                                                                                         by ; mochtadin si beted

Previous
« Prev Post

2 comments:

  1. Thanks kak, sudah berbagi ilmunya.. binahong juga mantap untuk menghilangkan jerawat

    baca juga :

    gudang tas branded



    Gudang tas branded murah



    Gudang Tas Branded Murah Terbaru

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum... Bismillahirahmanirrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 270 juta dan di bank totalnya 350 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sementara kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah konsultasi dengan Mbah Saroh hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung di Program Pesugihan Putih Uang Gaib Tanpa Resiko dan semua petunjuk Mbah Saroh saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya uang gaib 1,5m yang saya mohonkan benar benar ada di tangan saya,
    semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Mbah Saroh saya tidak akan melupakan jasa mbah. yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.pesugihanputihuanggaib.xtgem.com atau KLIK DISINI

    ReplyDelete