Sunday 25 June 2017

RAJA KERTA NEGARA

Posted by Unknown on Sunday 25 June 2017

Gambar terkait
12 KERTA NEGARA
   Berdasarkan prasasti Mula Malurung, sebelum menjadi raja Singhasari, Kertanagara lebih dulu diangkat sebagai yuwaraja di Kadiritahun 1254. Nama gelar abhiseka yang ia pakai ialah Sri Maharaja Sri Lokawijaya Purusottama Wira Asta Basudewadhipa Aniwariwiryanindita Parakrama Murddhaja Namottunggadewa.

   Kertanegara dilahirkan dari kasta ksatria, Ia merupakan keturunan dari raja-raja yang berkuasa di Singhasari. Kertanegara merupakan raja terakhir yang mampu mengusung Singhasari menuju puncak kejayaannya. Kertanegara adalah anak dari Wisnuwardhana dengan Jayawardhani raja Singhasari yang keempat. Wisnuwardhana adalah anak dari Anusapati, dan Anusapati adalah anak dari Ken Dedes dengan Tunggul Ametung. 

   Kertanegara adalah cicit dari Tunggul Ametung. Namun, yang menjadi pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Singhasari adalah Ken Angrok. Ken Angrok adalah anak dari Ken Endok , Atas anjuran Dahyang Lohgawe, Ia menghamba kepada Tunggul Ametung di Tumapel. Ken Angrok. Ken Angrok adalah anak dari Ken Endok
ketika Ken Angrok melihat Ken Dedes yang memancarkan cahaya ketika kainnya tersingkap pada waktu turun dari tandu, menumbuhkan gairah nafsu birahi Ken Angrok, hingga keinginannya untuk mempersunting Ken Dedes kemudian membunuh suaminya KEN DEDES yaitu Tunggul Ametung.

    Setelah berhasil membunuh Tunggul Ametung dan mempersunting Ken Dedes, kemudian Ia menjadi seorang akuwu di Tumapel ga keinginannya untuk mempersunting Ken Dedes kemudian membunuh suaminya KEN DEDES yaitu Tunggul Ametung.
para Brahmana dari Daha Kediri. Mereka datang meminta bantuan kepada Ken Angrok atas tindakan raja Kediri yaitu Kertajaya (dalam sumber babad tanah Jawi disebut prabu Dandang Gendis). Atas desakan kaum brahmana, akhirnya berangkatlah Ken Angrok untuk memberontak kepada Kertajaya dengan menggunakan nama Bathara Guru dan berhasil mengalahkan prabu Dandang Gendis dari Kediri, Ken Angrok dinobatkan menjadi Raja Singhasari dengan gelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi atau sebagai Wangsa Girindra, artinya keturunan dari Girindra atau Siwa .

    diantara raja-raja yang pernah berkuasa di Singhasari adalah Kertanegara. Prasasti “Mula Malurung” yang berangka tahun 1255 M, menerangkan bahwa pada waktu Kertanegara sebagai putra mahkota (Narryan Murdhaja), Ia sebagai raja muda yang memerintah di suatu daerah di bawah bimbingan sang ayah (Wisnuwardhana). Hal ini memberikan inisiatif tersendiri bagi Kertanegara atas pengalaman-pengalamannya menjadi seorang pemimpin serta membentuk karakter sifat Kertanegara ri Girindra atau Siwa

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment