Friday 23 June 2017

PENGERTIAN OBAT HERBA ATAU HERBAL

Posted by Unknown on Friday 23 June 2017

PENGERTIAN OBAT HERBA ATAU HERBAL


Secara umum, pengertian dari obat herbal adalah obat  yang berasal dari seluruh atau sebagian dari tumbuh-tumbuhannya.

Obat herbal telah digunakan selama ribuan tahun dan sangat dikenal sangat efektif dalam menyembuhkan banyak penyakit. Obat herbal, yang juga disebut obat tradisional atau obat alami merupakan suatu sistem pegobatan yang merujuk pada penggunaan tanaman biji, buah, akar, daun, kulit kayu atau bunga untuk tujuan pengobatan. Yang mana Ini merupakan sistem pengobatan yang paling tua dan paling banyak digunakan saat ini. Penggunaan tanaman obat merupakan bagian penting dari pengobatan tradisional meskipun perkembangan obat-obatan modern telah semakin banyak mengalami peningkatan.
Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya yang terdapat di dalam obat herbal, diantaranya bahwa obat herbal terkadang memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat banyak sehingga dalam proses penyembuhan obat herbal tidak hanya fokus pada satu penyakit yang dikeluhkan oleh seseorang yang dia rasakan saat itu, akan tetapi kandungan senyawa aktif yang bayak terkandung di dalamnya secara tidak langsung mampu memberikan manfaat untuk menyembuhkan penyakit lain yang mana penyakit tersebut belum dirasakan oleh seseorang.
Disisi lain obat herbal didalam proses penyembuhan dengan cara membangun sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi dari penyakit yang ada dan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit, berbeda halnya dengan pengobatan medis terkadang pengobatannya hanya terfokus dengan satu atau beberapa penyakit saja dan penanganannya harus dengan resep dokter karena kalau salah dalam memakainya bahkan akan menimbulkan dampak penyakit lain yang lebih besar. Sehingga obat herbal merupakan solusi pengobatan tanpa meninggalkan efek samping yang jelek.

Obat herbal alami adalah ramuan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh maupun untuk mengobati penyakit baik yang ringan maupun yang berat.  Sering kita melihat adanya testimoni yang berkembang jika kita telah merasakan khasiat dari tumbuhan herbal alami dan banyak bahan dari obat-obatan yang berasal dari tanaman tradisional.

Kandungan dari obat herbal asam urat, misalnya biasanya terdiri dari nabati, hewani maupun mineral baik yang telah diolah berupa serbuk yang diolah menjadi kapsul maupun tablet juga saat ini tersedia berupa ekstrak tumbuhan ataupun hewan yang dikeringkan menjadi kering dan siap diseduh menjadi jamu.

Ada beberapa jenis obat herbal darah tinggi yang beredar saat ini diantaranya adalah: Pertama, Jamu. Seperti yang sudah saya ungkap sebelumnya bahwa jamu itu adalah ramuan tradisional Indonesia yang diolah oleh leluhur bangsa Indonesia dan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Jamu saat ini telah diakui oleh BPOM Indonesia dan bahan-bahannya mudah didapat oleh kita seperti: jahe, kunyit, asam, temulawak, dll. Jamu saat ini telah menembus pasar Internasional dan proses pembuatannya dilakukan dengan memperhatikan sistem kemasan dengan modern dan praktis.

Kedua, obat herbal diabetes, misalnya yang memiliki ijin BPOM. Untuk memastikan bahwa obat herbal alami yang dikonsumsi itu aman maka harus mempunyai label BPOM yang mengesahkan bahwa obat itu aman. Karena meskipun herbal tetapi di dalamnya mengandung zat yang menimbulkan efek yang sangat kuat. Sehingga setiap  obat herbal yang dibuat dari bahan alami wajib sesuai takaran yang dianjurkan oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap jenis obat herbal seperti maag itu memiliki keunikan dalam pengolahannya dan harus memperhatikan setiap kandungan dan aturan meminumnya sehingga tidak membahayakan bagi kesehatan kita dan mencegah terjadinya komplikasi akibat mengonsumsi obat-obatan herbal. Herbal alami
penting untuk kesehatan kita karena tidak mengandung efek samping dan berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh dan penyembuhan penyakit dari yang ringan hingga yang berat dengan alami tanpa kandungan kimia tetapi tetap harus memperhatikan takaran yang tepat.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Manfaat Obat Herbal

Pada jaman sekarang ini, menjaga tubuh kita agar senantiasa sehat adalah suatu tantangan tersendiri. Tidak saja kita mesti bergelut dengan lingkungan sekitar yang terkadang berpengaruh kurang baik bagi kesehatan kita, kita juga dituntut untuk keluar dengan solusi lebih baik yang hadir tanpa efek samping. Mengkonsumsi obat untuk tetap sehat maupun ketika kita sakit adalah pilihan yang sangat umum. Namun, perlu disadari bahwa pilihan tersebut bisa membawa efek yang buruk bagi tubuh kita di kemudian hari. Obat herbal hadir menawarkan solusi yang lebih baik dari obat kimia. Dengan penelitian yang terus berlanjut serta teknologi yang kian maju, obat herbal makin bertambah jenis serta khasiatnya. Saat ini, semakin banyak orang yang mulai beralih ke obat herbal untuk mengobati penyakit yang mereka derita. Manfaat obat herbal memang telah diketahui khalayak ramai. Tidak saja karena obat herbal memiliki kemampuan yang hampir sama dengan obat kimia, harga obat herbal relativ lebih murah. Semua orang sadar bahwa obat kimia memiliki efek samping bagi tubuh kita. Selain itu, obat kimia tertentu nyatanya bisa membawa efek alergi pada sebahian orang.

Sifat-Sifat Obat Herbal

Kadang-kadang kita berada di persimpangan ketika harus memilih antara obat herbal dan obat kimia. Tiap orang tentunya memiliki pertimbangan masing-masing. Jika Anda lebih tertarik untuk mengkonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakit yang Anda derita maupun untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, ada baiknya jika Anda menelaah lebih jauh mengenai karakteristik obat herbal itu sendiri. Hal ini akan membuka mata Anda terhadap kelebihan sekaligus kekurangan dari obat herbal. Penggunaan obat herbal bisa menjadi pembuka pintu bagi Anda untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. Berikut adalah karakteristik yang melekat pada obat herbal;

Obat Herbal Memiliki Sifat yang Rekonstruktif dan Kuratif

Obat herbal dibekali dengan kemampuan untuk memperbaiki organ tubuh yang rusak. Kandungan aktif pada obat herbal bisa membantu dalam perbaikan sel maupun jaringan rusak yang ada pada organ tubuh yang terserang penyakit. Obat herbal biasanya diarahkan pada sumber yang menjadi penyebab penyakit. Obat jenis ini juga mampu memperbaiki fungsi organ-organ tubuh yang mengalami kerusakan akibat penyakit. Selain sifatnya yang rekonstruktif, obat herbal juga mampu menyembuhkan penyakit secara keseluruhan. Oleh karena itu, obat herbal diyakini memiliki sifat kuratif.

Sifat Lainnya dari Obat Herbal

Obat herbal mampu tampil sebagai pilihan yang lebih baik dari obat kimia jika kita lihat dari efek samping yang timbul ketika kita mengkonsumsinya. Jika tiap obat kimia memiliki efek samping yang berbeda-beda, obat herbal bisa Anda gunakan tanpa harus khawatir mengenai efek samping yang mungkin timbul asalkan obat herbal yang Anda gunakan diramu oleh herbalis yang berperngalaman. 

Obatherbal adalah solusi alami yang dinilailebih baik dibandingkan dengan jenis obat lainnya. Dengan semakin berkembangnya industri pembuatan obat herbal, jenis obat herbal juga kian bertambah variatif. Tentunya, manfaat obat herbal juga semakin bertambah banyak. Terlebih lagi, mengkonsumsi obat herbal saat ini sudah semakin gampang. Anda tidak perlu bersusah payah meracik berbagai ramuan alami untuk membuat obat herbal, ada banyak obat herbal yang sudah siap minum layaknya Anda mengkonsumsi obat kimia. Berikut sejumlah manfaat obat herbal bagi kesehatan tubuh kita;


OBATHERBAL

Secara umum, pengertian dari obat herbal adalah obat  yang berasal dari seluruh atau sebagian dari tumbuh-tumbuhannya. Namun sebenarnya, istilah herbal ini memiliki arti tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu. Obat herbal juga disebut sebagai phytomedicine atau obat botani. Pengguanaan obat herbal telah dikenal dan banyak digunakan sejak zaman dahulu, karena memiliki khasiat yang manjur dan ampuh
    Obat herbal diolah secara tradisional dan turun-menurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik secara magic maupun pengetahuan tradisional. Pada masa kini, para ahli mulai tertari dengan penggunaan obat herbal karena efek samping yang ditimbulkan minimal. Hal tersebut dikarenakan komposisi di dalamnya masih dapat dicerna oleh tubuh. Obat herbal juga popular dikalangan masyarakat karena lebih mudah dijangkau, baik harga maupun ketersediaannya.

Konsep Pengobatan Herbal
 1.      Pendekatan yang dipakai bersifat holistic. Tubuh manusia dipandang memiliki suatu system harmoni yang selalu seimbang. Tidak berfungsinya satu bagian tubuh yang lain. Jika tubuh tidak mampu melakukan penyeimbangan kembali seperti keadaan semula, maka akan timbul suatu penyakit. Salah satu tujuan dari pengobatan herbal adalah membantu tubuh mengembalikan keharmonisan atau keseimbangan tubuh.
 2.      Selain dari factor eksternal, pengobatan herbal memahami bahwa dari manusia terdapat kekuatan penyembuh yang datang dari factor spiritual,emosional, mental, dan fisikal. Kekuatan penyembuh tersebut dalam dunia medis modern dikenal dengan system imun.
 3.      Mengguanakn semurni-murninya bahan dari herbal sebagai obat, tanpa tambahan zat    kimia sintetis.


Konsep pengobatan herbal sangat berbeda dengan konsep pengobatan modern (yang biasanya menggunakan kimia sintetis sebagai obat). Misalnya dalam pengobatan kimia sintetis penyebab penyakit adalah virus, bakteri, dan pathogen (mikro organism pembawa penyakit); sedangkan dalam pengobatan herbal, pemyebab penyakit adalah lemahnya system imun.


Kelemahan Penggunaan Obat Herbal
      Penggunaan obat herbal sangat popular di masyarakat, dikarenakan obat-obatan herbal tersedian di sekitar kita dan lebih ekonomis. Selain itu, penggunaan obat herbal memberikan manfaat yang belum tentu diperoleh dari penggunaan obat-obat kimiawi. Berikut kelebihan dari obat herbal, anata lain:
 -       Menggunakan bahan alamiah/organic.
 -       Kandungannya lebih banyak diserap tubuh daripada sintetis.
 -       Meningkatkan system imun.
 -       Holistic/mengobati sumber penyakit.
 -       Minim efek samping jika digunakan dengan benar.
 -       Halal karena murni dari tumbuhan.

Pembuatan Sediaan Herbal
            Dalam membuat sediaan herbal terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap khasiat dan keamanan pengguanaan sediaan herbal tersebut untuk pengobatan. Adapun dua hal yang perlu diperhatikan adalah:
1.      Kebenaran Bahan
Sebelum mengguanakan sediaan herbal sebagai obat, harus dipastikan bahwa tidak menggunakan bahan tanaman yang salah. Menggunakan bahan herbal yang dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan atau keracunan.
2.      Peralatan
Peralatan panic/wadah yang digunakan sebaiknya dari bahan gelas/kaca atau stainless steel. Pisau atau pengaduk yang digunakan terbuat dari kayu atau baja. Sedangkan saringan yang digunakan adalah dari bahan plastic atau nilon. Jangan mengguanakan bahan dari aluminium karena dapat  bereaksi dengan kandungan kimia tertentu dari tanaman yang mungkin  bisa menyebabkan keracunan.


Manfaat Tanaman Obat Herbal Untuk Kesehatan
Herbal sehat telah lama mengadakan tempat holistik dalam kesejahteraan untuk kita. Berharga sejak zaman kuno, dan hari ini, kebanyakan orang lebih tergantung pada herbal untuk memurnikan tubuh, pikiran, dan jiwa!

Tentu saja, kita semua menggunakan bagian herbal dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satu cara atau yang lain, baik untuk rasa mereka yang kaya, untuk daya penyembuhan mereka, atau dalam resep yang indah. manfaat herbal banyak; baik itu untuk alasan spiritual atau untuk membumbui selera Anda, atau sebagai obat rumah untuk menyembuhkan penyakit. Herbal berguna untuk setiap kebutuhan!

Meskipun, herbal telah digunakan dalam diet kita sejak jaman dahulu, baru-baru ini mereka telah mengambil pusat-tahap nutrisi dunia ilmiah untuk kesehatan potensi manfaat herbal dan sifat detoksifikasi.

Manfaat Tanaman Obat Herbal Untuk Kesehatan – Ada banyak keuntungan dan kerugian dari obat herbal. Sebelum mengobati sendiri dengan herbal atau mencari saran dari ahli herbal atau naturopath berkualitas, mempertimbangkan pro dan kontra dari pengobatan herbal dan obat.

Ada sejumlah keuntungan yang terkait dengan penggunaan obat-obatan herbal sebagai lawan produk farmasi. Contoh meliputi:

Mengurangi risiko efek samping: Kebanyakan obat-obatan herbal yang dapat ditoleransi dengan baik oleh pasien, dengan konsekuensi yang tidak diinginkan kurang dari obat-obatan farmasi. Herbal biasanya memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat tradisional, dan mungkin lebih aman untuk digunakan dari waktu ke waktu.
Efektifitas dengan kondisi kronis: obat-obatan herbal cenderung lebih efektif untuk lama keluhan kesehatan yang tidak merespon dengan baik untuk obat tradisional. Salah satu contoh adalah bumbu dan pengobatan alternatif digunakan untuk mengobati arthritis. Vioxx, obat resep terkenal digunakan untuk mengobati radang sendi, dipanggil kembali karena peningkatan risiko komplikasi kardiovaskular. Alternatif pengobatan untuk arthritis, di sisi lain, memiliki beberapa efek samping. Perawatan tersebut meliputi perubahan pola makan seperti menambahkan bumbu sederhana, menghilangkan sayuran dari keluarga nightshade dan mengurangi konsumsi gula putih.
Biaya yang lebih rendah: Keuntungan lain untuk obat herbal adalah biaya. Herbal lebih murah daripada obat resep. Penelitian, pengujian, dan pemasaran menambah besar biaya obat resep. Herbal cenderung murah dibandingkan dengan obat-obatan.
Ketersediaan luas: Namun lain keuntungan dari obat-obatan herbal ketersediaan mereka. Herbal yang tersedia tanpa resep. Anda dapat tumbuh beberapa herbal yang sederhana, seperti peppermint dan chamomile, di rumah. Di beberapa bagian terpencil di dunia, tumbuh-tumbuhan mungkin satu-satunya pengobatan yang tersedia untuk sebagian besar orang.
Intinya adalah bahwa herbal adalah obat, dan seperti obat lain, mereka memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Mengunjungi dokter untuk diagnosis yang benar, konsultasi seorang penjual untuk ramuan yang tepat dan dosis, dan merangkul obat modern saat itu membuat akal paling praktis mungkin yang terbaik dari semua kemungkinan dunia bagi mereka yang ingin menggunakan terapi alternatif dan komplementer.
 
                                                                BY ; MOCHTADIN SI BETED

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment